Sukses

Pembalap Indonesia Mario Aji Naik Kelas ke Moto2

Mario Aji akan menggantikan Ai Oguro di Moto2 pada musim balapan 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Kabar mengembirakan datang dari pembalap muda Indonesia Mario Suryo Aji. Mulai tahun depan, Mario Aji akan naik kelas dan berlaga di Moto2 bersama Honda Team Asia.

Pengumuman Mario Aji naik kelas dilakukan Honda Team Asia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Kamis 12 Oktober 2023 sesaat sebelum MotoGP Indonesia 2023 digelar.

Mario Aji pada musim 2023 masih bertarung di Moto3 bersama Honda Team Asia. Namun di tahun 2024, Mario Aji akan naik ke Moto2 menggantikan posisi Ai Ogura yang memutuskan untuk pindah ke MT Helmet.

Di Moto2 2024, Mario Aji akan menjadi tandem dari pembalap asal Thailand Somkiat Chantra. Mario Aji akan memakai nomor 34 di Moto2 2024.

”Pertama-tama terima kasih ke HTA dan Astra Honda untuk kesempatan emas ini. Saya akan berbuat sebaik mungkin, tetap belajar di setiap balapan, dan untuk sisa balapan tahun 2023 akan terus fokus," ujar Mario Aji.

Isu naik kelasnya Mario Aji sebenarnya sudah berhembus sejak beberapa bulan lalu. Terutama sejak Ai Oguro dipastikan pindah tim. Manajer Honda Team Asia Hiroshi Aoyama yakin Mario Aji akan bisa memberikan prestasi bagus saat naik kelas tahun depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masukan untuk Mario Aji

"Menurut saya Mario kesulitan di Moto3 karena motornya cukup kecil untuk ukuran pembalap seperti dia. Tahun depan dia akan tampil di Moto2 dan saya senang kami bisa memberikan kesempatan ini kepadanya," ujar Aoyama dalam jumpa pers virtual.

Aoyama juga memberikan masukan kepada Mario Aji agar bisa sukses di Moto2 musim depan. "Dia harus lebih percaya pada dirinya sendiri, menikmati motor dan menikmati jalannya balapan," tutur Aoyama.

3 dari 3 halaman

Pengganti Mario Aji di Moto3

Di Moto3, Honda Team Asia juga sudah mengumumkan line-up untuk tahun 2024. Mereka akan memakai jasa Taiyo Furusato (Jepang) dan Tachakorn Busari (Thailand).

Mario Aji sendiri di Moto3 2023 menempati posisi 26. Dia baru mendapatkan total lima poin saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.