Sukses

Timnas Indonesia Kembali Bidik Pesta Gol ke Gawang Brunei Darussalam

Timnas Indonesia tetap membidik kemenangan besar atas Brunei Darussalam pada leg kedua putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung di Hassanal Bolkiah National Stadium, Selasa (17/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia tetap membidik kemenangan besar atas Brunei Darussalam pada leg kedua putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung di Hassanal Bolkiah National Stadium, Selasa (17/10/2023).

Pasukan Shin Tae-yong membawa kemenangan 6-0 dari pertemuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (12/10/2023).

“Hal yang alami di sepak bola adalah kita bisa mencetak banyak gol atau tidak, itu berlaku juga untuk pertandingan esok hari. Kami akan melakukan yang terbaik, tetapi sebenarnya kami fokus di pertandingan grup di bulan November nanti. Kita akan melakukan pertandingan yang kita inginkan besok. Ada rotasi pemain dan taktik yang tidak begitu banyak untuk laga esok,” tegas Shin Tae-yong pada jumpa pers sebelum laga, Senin (16/10/2023).

“Brunei menunjukkan upaya yang hebat pada laga pertamanya di SUGBK, Indonesia. Tetapi sejujurnya dalam kenyataannya kami punya tim yang lebih baik dari Brunei. Saya berharap Brunei dapat menunjukkan upaya yang lebih baik lagi di laga kedua dengan begitu, kami juga akan menyesuaikan permainan mereka dengan bermain lebih baik lagi dan bekerja lebih keras lagi.”

Tim Garuda sebenarnya dalam posisi bagus usai duel pertama. Mereka bahkan tetap lolos meski tumbang 0-5 di laga Brunei Darussalam vs Indonesia. Bek Fachruddin Aryanto pun berharap pemain bisa menunaikan tugas.

“Harapan saya sebagai pemain, kita punya tujuan di sini bahwa kita ingin memastikan diri lolos ke putaran berikutnya,” tuturnya.

Jika sukses mempertahankan keunggulan agregat, Timnas Indonesia akan masuk Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina pada putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

2 dari 3 halaman

Ambisi Gelandang Timnas Indonesia

Gelandang Timnas Indonesia Marc Klok menekankan fokus pemain pada pertandingan nanti. Dia pun mengungkapkan persiapan Tim Garuda saat menghadapi Brunei. 

"Kita latihan sedikit taktikal untuk game plan lawan Brunei, mereka sangat drop di (lini) belakang, di kotak penalti, kita lihat bagaimana kita bisa penetrasi (ke pertahanan) mereka, bisa cetak gol, sedikit finishing," kata Klok.

Terkait kesempatan bermain di laga kedua, Klok menyerahkan keputusan kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Klok tak masalah jadi starter atau tidak.

"Kita lihat nanti, siapa yang dimainkan (sebagai starter), siapa yang tidak. Tapi saya selalu siap beroperasi seperti biasa dan kita datang ke sini untuk menang," ujar Klok.

Menurut Klok, kemenangan atas Brunei jauh lebih penting daripada dirinya main atau tidak. Pada pertemuan pertama, Klok hanya bermain di babak pertama. Dia digantikan oleh Ricky Kambuaya di awal babak kedua.

"Yang terpenting adalah tim harus main bagus, kita harus menang, itu sangat penting, siapa pun yang main, siapa pun cetak gol, kita lihat nanti. Yang penting kita datang untuk kemenangan, untuk negara supaya chemistry lebih baik, FIFA ranking juga lebih baik," ucap Klok.

3 dari 3 halaman

Ramadhan Sananta Berharap Jadi Starter Timnas Indonesia

Sementara itu, striker Ramadhan Sananta menyatakan siap diturunkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Sananta tampil apik dan menunjukkan naluri mencetak golnya sangat tinggi padahal turun sebagai pemain pengganti di laga pertama. Dia bermain sejak menit 58, menggantikan Hokky Caraka.

"Tentunya saya sangat siap untuk pertandingan kedua ini di Brunei dan tentunya saya berharap setiap saya dimainkan coach Shin saya selalu 100 persen dan selalu siap," kata Sananta.