Sukses

Hasil Piala Dunia U-17 2023: Hajar Venezuela 3-0 di JIS, Jerman Lolos ke 16 Besar sebagai Juara Grup F

Timnas Jerman U-17 memastikan gelar juara grup F saat melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Kepastian tersebut diperoleh setelah anak-anak asuh Christian Wuck menang 3-0 atas Venezuela dalam laga pemungkas grup F yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (18/11/2023) sore WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Jerman U-17 memastikan gelar juara grup F saat melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Kepastian tersebut diperoleh setelah anak-anak asuh Christian Wuck menang 3-0 atas Venezuela dalam laga pemungkas Grup F yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (18/11/2023) sore WIB.

Adapun Jerman sendiri finis dengan torehan 9 poin setelah menyapu bersih seluruh lawannya di grup F. Sementara itu, Venezuela yang menorehkan 4 poin dari 3 pertandingan harus tergusur ke peringkat 3 lantaran Meksiko sedang unggul 3-0 atas Selandia Baru ketika berita ini ditulis.

Jerman tampil tanpa basa-basi dan langsung menciptakan gol cepat pada menit pertama. Berawal dari tendangan sudut Eric da Silva Moreira yang diteruskan dengan umpan Noah Darvich, Robert Ramsak mencatatkan nama di papan skor sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Timnas Jerman U-17 terus mencoba menggempur pertahanan Venezuela hingga pertengahan babak pertama. Peluang kembali didapat lewat skenario tendangan sudut pada menit 24. Maxim Dal kala itu mencoba memanfaatkan aksi Darvich untuk keunggulan timnya. Malang, bola gagal menemui jaring kawalan Jorge Sanchez.

Venezuela akhirnya gantian membuat percobaan untuk mencetak gol tiga menit berselang. Junior Colina melepas tembakan, tetapi masih melebar di sisi kanan gawang Timnas Jerman U-17.

Justru tim muda panser yang mampu menambah keunggulan pada menit 42. Memanfaatkan umpan Ramsak, Eric da Silva Moreira gantian menjebol gawang Venezuela melalui tembakannya dari tepi kotak penalti.

Tak ada gol baru yang tercipta mendekati pengujung babak pertama. Timnas Jerman U-17 unggul 2-0 atas Venezuela saat wasit meniupkan peluit tanda turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Jerman vs Venezuela

Jerman lanjut menggempur ini belakangan Venezuela memasuki babak kedua. Gol ketiga akhirnya tercipta bagi anak-anak asuh Christian Wuck lewat aksi Robert Ramsak yang memanfaatkan umpan David Odogu pada menit 57.

Di sisi lain, Venezuela masih kesulitan mengejar ketertinggalan dari Jerman setelahnya. Beberapa percobaan sempat dilakukan oleh Nicola Profeta ('74) dan Lucciano Reinoso ('78), tetapi tidak ada satu pun yang berbuah gol.

Laga mulai memanas jelang pengujung kedua. Pelatih Jerman U-17 terlibat gesekan dengan staf pelatih Venezuela, yang berujung pada dikeluarkannya kartu kuning oleh wasit.

Ramsak nyaris mencoba mencetak hattrick pada masa injury time. Akan tetapi, tembakannya masih mampu diamankan oleh Jorge Sanchez. Tak ada gol baru yang tercipta hingga wasit meniupkan peluit panjang. Skor 3-0 untuk keunggulan Jerman bertahan sampai bubaran.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Jerman vs Venezuela

Timnas Jerman U-17: Max Schmitt; Almugera Kabar, Maxim Dal, David Odogu, Justin Von Der Hitz; Fayssal Harchaoui, Noah Darvich, Winners Osawe; Paris Brunner, Eric da Silva Moreira, Robert Ramsak

Timnas Venezuela U-17: Jorge Sanchez; Yiandro Raap, Rai Hidalgo, Angel Borgo, Luis Balbo; Leenhan Romero, Miguel Vegas, Nicola Profeta; Juan Arango, Alejandro Cichero, Junior Colina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.