Sukses

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Ditahan Filipina, Shin Tae-yong Optimistis Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong optimistis timnya lolos ke kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga meski menuai hasil negatif pada dua laga pertama di putaran kedua.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia ditahan imbang Filipina 1-1 pada laga kedua Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua. Skuad Garuda sempat tertinggal terlebih dahulu di laga tersebut.

Bermain di Stadion Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (21/11/2023) malam WIB, Timnas Indonesia tertinggal pada menit ke-23 lewat gol Patrick Reichelt. Gol itu baru dibalas pada menit ke-70 lewat Saddil Ramdani.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia masih menempati peringkat keempat atau terbawah dengan 1 poin, sama seperti Filipina yang berada di posisi ketiga. Indonesai kini tertinggal 5 poin dari Irak yang menduduki di puncak klasemen dan dua poin di belakang Vietnam.

Meski demikian, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tetap optimistis timnya bisa lolos ke kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga. Sebab, Skuad Garuda masih memiliki tiga laga kandang.

"Kami punya satu poin dari dua laga away. Tapi, kami punya tiga laga kandang. Kami sangat kuat ketika bermain di kandang sendiri. Saya tetap menyimpan keyakinan dan berpikiran positif bisa lolos dari grup," kata Shin Tae-yong pada jumpa pers setelah hasil imbang melawan Filipina seperti dikutip dari Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Sulit Kembangkan Permainan

Shin Tae-yoong mengakui Timnas Indonesia tampil buruk pada 30 menit awal saat menghadapi Filipina. Kesalahan individual membuat gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari kebobolan pada menit ke-23 oleh tembakan Patrick Reichelt.

Menurut ahli taktik asal Korea itu, ada beberapa faktor yang membuat Asnawi Mangkualam cs kesulitan mengembangkan permainan.

"Dalam dua laga away beruntun, kita mengalami banyak kesulitan, kita melalui perjalanan jauh (dari Irak), perbedaan waktu, kelelahan, dan di sini (Stadion Rizal Memorial) juga menggunakan lapangan sintetis yang tidak terlalu familiar bagi kami," papar Shin Tae-yong.

"Tapi, tetap kami tidak menyerah. Saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para pemain saya yang menunjukkan performa bagus."

"Jadi 1-1 adalah hasil yang adil bagi kami di pertandingan 90 menit ini. Terima kasih untuk para pemain," pungkas Shin Tae-yong.

 

3 dari 3 halaman

Pertandingan Berikutnya

Timnas Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Vietnam pada laga ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua. Laga ini akan dimainkan di Vietnam pada 21 Maret 2024.

Lima hari kemudian, giliran Timnas Indonesia yang akan menjamu Vietnam. Setelah itu, melawan Irak pada 6 Juli 2024 dan menghadapi Filipina lima hari berselang pada laga kandang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.