Sukses

Barcelona vs Girona, Derby Katalunya Diwarnai Goda Pemain Lawan Sampai Penyesalan

Barcelona akan menghadapi duel krusial melawan Girona yang tak disangka memiliki poin lebih banyak ketimbang mereka. Apa kata Xavi soal pemain Barca yang dipinjamkan ke lawan?

Liputan6.com, Jakarta Barcelona bakal menghadapi derby katalunya pertama saat menghadapi Girona pada pekan ke-16 Liga Spanyol di stadion Olympic Companys, Senin (11/12/2023). Ini menjadi kesempatan bagi Barca untuk lebih merapat ke pemuncak klasemen Liga Spanyol.

Ya, jelang duel nanti, Girona berada di posisi lebih baik ketimbang Barcelona. Girona berada di posisi dua unggul 4 poin atas Barcelona yang ada di posisi ketiga.

Duel derby Katalunya ini tak hanya akan menjadi pamer strategi antara pelatih Barcelona Xavi Hernandez dan pelatih Girona Michel Sanchez. Duel ini juga jadi ajang bagi pemain Girona untuk tunjukkan diri layak main di Barcelona.

Tak bisa dipungkiri, Barcelona merupakan klub paling populer di katalunya. Itu juga yang dirasakan oleh gelandang Girona Aleix Garcia yang terang-terangan sebenarnya ingin gabung Barcelona.

Gelandang 26 tahun ini punya peran vital di lini tengah Girona. Dia pun merasa layak main untuk Barcelona.

"Saya ingin main di Barcelona, itu klub yang saya ikuti sejak kecil dan salah satu klub yang selalu saya sukai," katanya seperti dikutip Football Espana.

Pernyataan Aleix Garcia membuat pelatih Michel Sanchez marah. Dia tak senang pemainnya bicara seperti itu apalagi jelang Derby Katalunya.

 

2 dari 5 halaman

Xavi Hernandez Justru Goda Aleix Garcia

 

Berbeda dengan Michel, Xavi Hernandez justru menyambut baik keinginan Aleix. Dia mengaku akan menerima Aleix untuk gabung karena dia sangat pantas main di Barcelona.

"Anda harus memahaminya. Siapa yang tak mau main untuk Barcelona? Dia punya level untuk main di Barcelona," kata Xavi seperti ingin menggoda.

Barcelona sebelumnya sudah membajak pemain Girona Oriol Romeu. Dia dijadikan sebagai pengganti Sergio Busquets.

 

3 dari 5 halaman

Penyesalan Xavi Tidak Blok Erik Garcia

 

Selain goda pemain, Xavi juga ungkap penyesalan. Dia menyesal karena Barcelona tidak memblokir Eric Garcia dalam klausul kontraknya agar tidak main saat lawan klub asal.

Xavi menyesal karena tidak mencantum klausul itu seperti saat meminjamkan Pablo Torre kepada Girona. Xavi mencontohkan aksi Joao Felix yang mencetak gol ke klub pemiliknya saat dipinjamkan ke Barcelona.

 

4 dari 5 halaman

Girona Pusing Cari Pemain di Lini Tengah

 

Pelarangan Pablo Torre main untuk melawan klub pemilik tepat. Saat ini, Girona sedang bingung karena pemain tengah mereka Yangel Herrera cedera selama enam pekan.

Torre harusnya bisa jadi pengganti tapi tak bisa lawan Barcelona. Xavi ungkap kesenangannya dengan ini.

"Sangat baik buat saya Pablo Torre tak main. Logis saja pemain milik kami tak boleh main melawan kami. Lihat saja Joao Felix di pertandingan sebelumnya," kata Xavi.

5 dari 5 halaman

Peringkat Barcelona di Liga Spanyol