Sukses

Sejarah Baru Tercipta, Rebecca Welch Bakal Jadi Wasit Perempuan Pertama di Liga Inggris

Sejarah baru akan tercipta dalam pertandingan antara Fulham dan Burnley di Liga Inggris. Rebecca Welch, seorang wasit perempuan, akan menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan sepak bola di kasta tertinggi Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Sejarah baru akan tercipta dalam pertandingan antara Fulham dan Burnley di Liga Inggris. Rebecca Welch, seorang wasit perempuan, akan menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan sepak bola di kasta tertinggi Inggris.

Howard Webb, Ketua Professional Game Match Officials Limited (PGMOL), telah secara resmi mengumumkan bahwa Rebecca Welch akan menjadi pengendali pertandingan yang membuat sejarah dalam Liga Inggris. Ini menandai langkah baru dalam sejarah Liga Inggris.

Sebelumnya pada awal November, Welch juga mencatatkan dirinya sebagai wasit wanita pertama yang terlibat dalam pertandingan Liga Inggris, menjabat sebagai wasit keempat dalam pertandingan antara Manchester United dan Fulham di Craven Cottage.  

Wasit berusia 40 tahun ini memulai karier wasitnya pada tahun 2010, sambil juga mengemban tugas sebagai administrator di National Health Service (NHS). Kemudian, pada tahun 2019, ia memutuskan untuk beralih menjadi wasit penuh waktu.

Selain menjadi wasit reguler di Liga Super Wanita, Welch juga secara konsisten mencatatkan prestasi dengan memecahkan rekor. Ia menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan EFL saat bertugas sebagai wasit dalam pertandingan antara Harrogate Town dan Port Vale di Liga Dua pada tahun 2021.

Pada Desember 2020, Rebecca Welch dimasukkan ke dalam FIFA’s Elite List of International Match Officials. Setelah itu, ia bertugas sebagai wasit dalam pertandingan-pertandingan di Kejuaraan Eropa Wanita UEFA 2022 dan Piala Dunia Wanita FIFA 2023.   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dapat Motivasi dari Teman

Rebecca Welch mengungkapkan bahwa pada awalnya, tidak pernah terlintas dalam pikirannya untuk meniti karier sebagai wasit. Namun, ia merasa terinspirasi setelah menyaksikan seorang teman yang memilih menjadi wasit pada masa muda.   

“Saya bermain sepak bola dan bahkan tidak berpikir untuk menjadi wasit sampai salah satu teman baik saya, yang merupakan seorang wasit, menjadi wasit kami,” katanya dikutip di situs resmi Liga Inggris.

“Saya menghabiskan seluruh permainan untuk memberitahunya bagaimana melakukan pekerjaannya! Tanggapannya adalah, 'Jika menurut Anda itu mudah, cobalah.' Begitulah yang terjadi dan 10 tahun kemudian saya berada di sini,” lanjutnya

3 dari 3 halaman

Pernah Menjadi Wasit di Pertandingan MU

Rebecca Welch menciptakan sejarah pada pertandingan antara Fulham dan Manchester United pada bulan November. Ia menjadi wanita pertama yang dipilih sebagai ofisial keempat dalam pertandingan Liga Inggris.

Pertandingan berlangsung tanpa hambatan, dan gol dari Bruno Fernandes memastikan kemenangan bagi Setan Merah pada pekan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.