Sukses

Daftar Juara Umum Yamaha Sunday Race 2023: Persaingan Ketat di Race Terakhir

Yamaha Sunday Race 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, resmi berakhir pada Minggu (17/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023 resmi berakhir pada Minggu (17/12/2023). Balapan yang berlangsung selama dua hari (16-17/12/2023) di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut telah melahirkan juara-juara umum untuk berbagai kategori yang dilombakan. 

Hari terakhir YSR 2023 berlangsung ketat karena jadi perebutan poin terakhir bagi para pembalap. Di kelas R25 Pro, Galang Hendra Pratama berhasil comeback di race 2 dan mengamankan gelar juara umum. Dia finis kedua dan mengunci puncak klasemen dengan selisih 1 poin dari M Faerozi. 

Pada race 1 yang berlangsung Sabtu (16/12/2023), Galang sempat finis di urutan ke-11 setelah terlibat senggolan dengan pembalap lainnya. Akibatnya, posisinya di puncak klasemen sementara yang sebelumnya unggul 14 poin dari rival terdekat Felix Putra Mulia hanya menyisakan tiga poin 3 poin saja.

Beruntung di race 2, Felix gagal finis. Dia mengalami kendala mesin dan harus masuk pit stop di lap 2. 

Tidak ingin bernasib sama, Galang pun berusaha menjaga temperatur motornya. Kerjasama tim yang baik dengan sang adik, Aldi Satya Mahendra juga ikut memuluskan langkahnya menuju podium.

Awalnya, Galang finis di posisi ketiga. Namun sang juara, Rey Raturoke didiskualifikasi. Galang kemudian naik ke urutan kedua. M Faerozi yang finis kedua kemudian dinobatkan sebagai pemenang. Sementara Aldi Satya yang sebelumnya merebut podium keempat ikut naik ke urutan ketiga.

Pada kelas bergengsi lainnya, yakni R15 Pro, giliran Aldi yang unjuk gigi. Pembalap yang mulai musim depan ikut pada balapan World Supersport 300 itu berhasil finis pertama diikuti Galang di urutan kedua. Sayang, tidak satupun dari kakak beradik ini yang berhasil menjadi juara umum. 

Poin tertinggi untuk nomor ini dikumpulkan oleh Murobbil Vitoni yang finis di posisi ketiga. Penampilannya yang konsisten podium sejak seri pertama membuatnya keluar sebagai juara umum. 

"Ini menjadi kali pertama saya menjadi juara umum di Yamaha Sunday Race. Saya sangat senang dan terima kasih kepada semua yang telah mendukung saya selama ini," kata Vitoni usai balapan. 

Sementara itu, YSR 2023 juga menjadi ajang bagi para pembalap junior unjuk aksi. Di kelas All New R15 new Idemitsu bLU cRU, pembalap Yamaha Zyrof 47 Racing Team, Arai Agaska Dibani berhasil keluar sebagai juara umum usai mengamankan podium kedua pada race 2, Minggu (17/12/2023). 

 

   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengalaman Berharga untuk Para Pembalap Komunitas

Seri terakhir YSR 2023 berlangsung meriah. Sebelum final race berlangsung, para peserta mengikuti acara opening ceremony yang disusul dengan victory lap mengelilingi sirkuit Mandalika, Lombok. 

Tidak hanya pembalap profesional. Para rider yang berasal dari komunitas juga antusias. Mereka beruntung mendapat kesempatan untuk bersaing sekaligus menjajal sirkuit kebanggaan Indonesia itu. Sebagian besar berharap, Yamaha kembali menggelar YSR di tempat yang sama tahun depan. 

"Saya sangat menikmati balapannya. Ini kali pertama saya balapan di sini dan kesannya sangat luar biasa. Ini jadi pengalaman yang berharga bagi para pembalap komunitas seperti saya. Jadi saya harap YSR tahun depan juga digelar di sini lagi," kata M Rangga, pemenang race 2 kategori R25 Comm B. 

 

 

3 dari 3 halaman

Daftar Juara Umum YSR 2023

1. ALL NEW R15 IDEMITSU bLU cRU JUNIOR PRO: ARAI AGASKA DIBANI LAKSANA

2. R 15 - PROFESIONAL RIDERS: MUROBBIL VITONI

3. R 25 - PROFESIONAL RIDERS: GALANG HENDRA PRATAMA

4. R 25 - COMMUNITY A: WAHDAN NURFAUZI

5.R 25 - COMMUNITY PROFESIONA: M. IQBAL

6. R 15 - COMMUNITY A: ALVIAN HADIPUTRA

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini