Sukses

Jarang Main di Klub, Shin Tae-yong Ungkap Alasan Panggil Pratama Arhan ke TC Timnas Indonesia untuk Piala Asia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap alasan tetap memanggil Pratama Arhan ke TC Skuad Garuda untuk Piala Asia 2023 meski sang pemain jarang mendapat kesempatan merumput di level klub.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong telah mengumumkan daftar 29 pemain yang dipanggil untuk mengikuti TC Timnas Indonesia di Turki jelang kompetisi Piala Asia 2023 awal tahun depan.

Selain pemain Liga 1, deretan pemain naturalisasi serta nama-nama yang berkarier di luar negeri turut diboyong oleh juru taktik asal Korea Selatan itu guna menjajal persiapan sebelum berlaga di Piala Asia 2023.

Pratama Arhan menjadi salah satu sosok yang kembali diberi kesempatan oleh Shin Tae-yong untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Akan tetapi, pemanggilan pemain tersebut menuai tanda tanya, mengingat pesepak bola asal Blora ini memiliki menit bermain terbatas di Tokyo Verdy.

Situs Transfermarkt mencatat Arhan baru tampil dalam 2 pertandingan J League sejak bergabung dengan klub asal negeri sakura pada Maret 2022. Adapun penampilan perdana eks bintang PSIS Semarang tersaji tahun lalu, sementara duel teranyar terjadi pada Agustus 2023.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun mengungkap alasan pihaknya tetap kekeh mendatangkan Pratama Arhan. Ia menilai sang pemain punya kualitas mumpuni, terlepas dari waktu bermainnya yang minim di level klub.

"Arhan pemain bagus, kalau dia dapat menit bermain di klubnya, maka performa bisa lebih baik lagi daripada sekarang," ucap Shin Tae-yong saat ditemui awak media di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023) malam WIB.

2 dari 3 halaman

Khawatirkan Masa Depan Pratama Arhan

Lebih lanjut, Shin Tae-yong tak menampik bahwa performa Arhan sebenarnya memang sedikit menurun akibat jarang dimainkan di Tokyo Verdy. Hanya saja, ia khawatir masa depan Arhan bakal benar-benar terancam jika sang pemain tak diberi kesempatan tampil di Timnas Indonesia.

"Karena itulah (jarang main di klub), performa Arhan semakin turun. Akan tetapi, jika timnas juga tidak memanggil dia, performa dia akan benar benar mati," ucap Shin Tae-yong kepada awak media.

"Jadi saya sengaja panggil dia untuk masa depan sepak bola Indonesia. Apalagi Arhan punya kelebihan long ball throw in. Ini senjata yang sangat menakutkan untuk lawan," tambah juru taktik asal Korea Selatan.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk TC di Turki

Kiper:

1. Syahrul Trisna - Persikabo

2. Muhamad Riyandi - Persis Solo

3. Ernando Ari - Persebaya Surabaya

Belakang:

4. Justin Hubner - Wolverhampton

5. M. Edo Febriansah - Persib Bandung

6. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

7. Rizky Ridho - Persija Jakarta

8. Jordi Amat - Johor Darul Tazim FC

9. Elkan Baggott - Ipswich Town

10. Sandy Walsh - KV Mechelen

11. Shayne Pattynama - Viking FK

12. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons

13. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

Tengah:

14. Saddil Ramdani - Sabah FC

15. Marc Klok - Persib Bandung

16. Ricky Kambuaya - Dewa United

17. Witan Sulaeman - Persija Jakarta

18. Egy Maulana - Dewa United

19. Adam Alis - Borneo FC

20. Arkhan Fikri - Arema FC

21. Yakob Sayuri - PSM Makassar

22. Yance Sayuri - PSM Makassar

23. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

24. Ivar Jenner - Jong Utrecht

Depan:

25. Hokky Caraka - PSS Sleman

26. Ramadhan Sananta - Persis Solo

27. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara Presisi FC

28. Dimas Drajad - Persikabo

29. Rafael Struick - ADO Den Haag