Sukses

Gagal di Liga Champions dan Carabao Cup, Manchester United Rugi Rp 785 Miliar

Manchester United mengalami kerugian finansial sebesar 40 juta pound atau sekitar Rp 785 miliar usai tersingkir lebih awal dari Carabao Cup dan Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United menempati posisi terbawah atau empat klasemen Grup A Liga Champions. Hasil itu tak hanya membuat Setan Merah gagal ke babak 16 besar tetapi juga tidak mendapat tiket Liga Europa.

Sebelumnya, MU juga tersingkir dari Carabao Cup di babak keempat usai takluk dari Newcastle United. Kegagalan pada dua kompetisi tersebut membuat pasukan Erik ten Hag bakal memainkan lebih sedikit pertandingan di Old Trafford musim ini.

Laporan The Independent mengklaim bahwa pendapatan pertandingan MU bisa turun hingga di bawah 100 juta pound musim ini setelah tersingkir dari Carabao Cup dan Liga Champions lebih awal. Alhasil, Setan Merah bisa mengalami kerugian finansial sekitar 40 juta pound atau sekitar Rp 785 miliar.

Berbeda dengan musim lalu, MU memainkan 33 laga kandang di semua kompetisi dan menjadi rekor klub. Karena kesuksesan di Carabao Cup, Piala FA, serta Liga Europa membuat juara Inggris 20 kali itu menghasilkan pendapatan pertandingan sebesar 136,4 juta pound.

Musim ini MU dapat memainkan sedikitnya 23 pertandingan di Old Trafford. Namun, hal itu tergantung pada perkembangan Setan Merah di Piala FA dan apakah laga bakal dimainkan di kandang sendiri. Man United akan menghadapi Wigan Athletic pada putaran ketiga dalam laga kandang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisnis Transfer

Tidak hanya kerugian finansial, tersingkirnya Manchester United lebih awal dari Liga Champions akan berdampak pada bisnis transfer jelang musim depan.

Hilangnya pendapatan dari Liga Champions dan Liga Europa, selain aturan seputar Financial Fair Play, disinyalir akan merugikan peluang klub untuk mengeluarkan dana besar pada tahun depan.

Setan Merah akan menerima sekitar 8 juta pound jika lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Tetapi, finis di urutan terakhir membuat wakil Inggris itu hanya mengumpulkan 3 juta pound.

Man Utd juga kehilangan pendapatan penyiaran dari UEFA, dengan sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap kemungkinan berkurangnya anggaran transfer pada 2024.

 

3 dari 4 halaman

Jendela Transfer Musim Dingin

Rencana pemegang saham minoritas baru Sir Jim Ratcliffe pada tahap ini masih belum jelas. Ratcliffe diperkirakan tidak memberikan banyak dampak selama jendela musim dingin Januari 2024.

Terlepas dari keterbatasan finansial yang disebabkan oleh penampilan buruk di lapangan, Man United diduga masih bisa aktif pada Januari. MU dikabarkan ingin pinjam Mauro Icardi dari Galatasaray.

Sementara itu, Jadon Sancho dan Donny van de Beek akan hengkang bulan depan. Casemiro juga banyak dikaitkan dengan kepindahan ke Arab Saudi.​

4 dari 4 halaman

Peringkat Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Carabao Cup

  • Berita Bola