Sukses

TC Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 Dimulai, Skuad Garuda Gelar Latihan Perdana di Turki

Timnas Indonesia telah mulai menjajal persiapan untuk menyambut kompetisi Piala Asia 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Qatar mulai 12 Januari hingga 10 Februari mendatang. Skuad Garuda menggelar TC dan langsung mengikuti latihan perdana setibanya di Turki pada Kamis (21/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia telah mulai menjajal persiapan untuk menyambut kompetisi Piala Asia 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Qatar mulai 12 Januari hingga 10 Februari mendatang.

Skuad racikan Shin Tae-yong pun dikirim menjalani pemusatan latihan alias TC di Turki, terhitung sejak Rabu (20/12/2023) hingga 6 Januari 2024.

Timnas Indonesia sendiri dilaporkan baru tiba di negeri transkontinental pada Kamis (21/12/2023)) dini hari. Kendati begitu, anak-anak Shin Tae-yong langsung menggelar latihan perdana di lapangan samping Hotel Titanic Deluxe Golf Belek, Antalya, yang menjadi lokasi menginap Skuad Garuda.

Laporan di situs resmi PSSI Pers mengungkap Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan memulai latihan sejak pukul 11.00 hingga 12.30 waktu setempat. Kendati begitu, mereka tak langsung dihajar dengan menu latihan berat.

Shin Tae-yong dan stafnya lebih dulu meminta pemain Timnas Indonesia untuk berlatih ringan lewat stretching dan jogging. Hal ini dilakukan demi memulihkan kondisi fisik usai melakukan perjalanan dari Indonesia menuju Turki.

"Latihan hari ini (Kamis, 21 Desember) lebih ke recovery dan mengembalikan fisik kita. Anak-anak (anggota skuad Garuda) antusias di latihan hari ini," ungkap penjaga gawang Timnas Indonesia Muhammad Riyani, sebagaimana dilansir dari situs PSSI.

2 dari 3 halaman

STY Segera Beri Menu Latihan Tinggi

Selaras dengan pernyataan Riyandi, striker Timnas Indonesia Ramadhan Sananta membenarkan bahwa latihan pertama skuad Garuda memang ditujukan sebagai sarana pemulihan para pemain.

Walau begitu, pelatih Shin Tae-yong juga bakal segera menggembleng anak-anak asuhnya dengan latihan berintensitas tinggi sebagai persiapan jelang menyambut kompetisi Piala Asia 2023 di Qatar.

“Kami memang jauh perjalanannya, sekitar 24 jam dari Jakarta ke Doha, lalu Istanbul dan Antalya. Kondisi sangat lelah dan fokus di hari pertama ini hanya recovery saja," ucap Sananta, dikutip dari situs PSSI.

"Mungkin besok mulai (latihan) intensitas tinggi. Tadi pemanasan, jogging, dan sedikit (latihan) core,” sambunt penyerang berusia 21 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Baru 22 Pemain Tiba di Turki

Hingga saat latihan perdana digelar, anggota skuad Garuda belum sepenuhnnya komplet. PSSI mencatat baru 22 pemain berkumpul di Antalya dari total 29 penggawa yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC.

Sejumlah nama yang tengah berkarier di luar negeri, mulai dari Sandy Walsh, Ivar Jenner, Rafael Struick, Elkan Baggott, hingga Justin Hubner memang terpaksa menyusul lantaran masih membela klub masing-masing.

Adapun Skuad Garuda nantinya akan menetap di Turki hingga 6 Januari sembari melakoni dua laga uji coba melawan Libya di Antalya pada 2 dan 5 Januari 2024.

Setelah itu, Timnas Indonesia akan bertolak ke Qatar dan menjalani satu laga uji coba lagi kontra Iran pada 9 Januari 2024. Shin Tae-yong hanya akan membawa 26 pemain untuk memperkuat skuad racikannya selama di Qatar.