Sukses

Turunkan Witan Sulaeman Sebagai Bek Sayap di Timnas Indonesia vs Libya, Ini Penjelasan Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menerapkan beberapa eksperimen pada uji coba melawan Libya di Mardan Sport Sports Complex, Antalya, Selasa (2/1/2024). Salah satunya dengan menurunkan penyerang Witan Sulaeman sebagai bek sayap.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menerapkan beberapa eksperimen pada uji coba melawan Libya di Mardan Sport Sports Complex, Antalya, Selasa (2/1/2024). Salah satunya dengan menurunkan penyerang Witan Sulaeman sebagai bek sayap.

Shin Tae-yong melakukan itu karena sang pemain menyanggupi dan pernah menjalankan peran serupa di masa lalu. Dia juga ingin menjajal kemampuan anak asuhnya dan memantapkan srategi sebelum mengikuti Piala Asia 2023.

"Dia sudah saya tanyakan, bisa bermain sebagai full back kanan, dia katakan bisa, karena sebelumnya pernah melakukannya. Jadi ini semua sebagai persiapan dan pematangan tim ini agar bisa berlaga dengan baik di Piala Asia," ungkap Shin Tae-yong dilansir situs resmi federasi.

Timnas Indonesia dipermalukan Libya 0-4. Ahmed Ekrawa membuka keunggulan Libya pada menit ke-25. Omar Al Khoja menyumbang gol kedua negara Afrika tersebut di menit ke-58, sebelum Nour al-Din Al-Qulaib ('89, 90+2) memastikan nestapa Tim Garuda.

Duel ini merupakan pertemuan pembuka kedua negara. Indonesia dan Libya bakal kembali bertarung di tempat sama, Jumat (5/1/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Turunkan Langsung Justin Hubner

Selain Witan, Shin Tae-yong juga bereksperimen dengan menurunkan langsung Justin Hubner yang baru bergabung. Dia menyebut hal tersebut demi mempercepat adaptasi pemain.

"Seperti yang sudah saya katakan, saya ingin memanfaatkan uji coba ini untuk mempertajam taktik permainan tim, dengan penyesuaian pada kondisi fisik pemain. Untuk Justin, saya yakin dia bisa langsung bermain, saya juga berharap, lewat uji coba, Justin bisa lebih awal menyesuaikan permainan tim dan dengan rekan-rekannya yang lain," jelasnya. 

3 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Tidak Permasalahkan Hasil

Shin Tae-Yong mengaku tidak mempermasalahkan hasil melawan Libya. Sebab, tujuan utamanya pada laga pertama adalah memeriksa kondisi fisik anak asuhnya.

"Kekalahan kemarin tidak arti apa-apa. Saya hanya ingin mengecek kondisi pemain seperti apa tanpa melihat skor," ungkap Shin Tae-yong.

"Memang fans kecewa besar karena kita kalah lawan Libya dengan skor 0-4. Mulai hari ini kita fokus dengan pertandingan untuk tanggal 5 (lawan Libya lagi). Semua itu untuk persiapan kita lawan Irak, fans tak perlu khawatir dengan kekalahan kemarin."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini