Sukses

Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023: Formasi Berubah, Starter Ada yang Diganti?

Timnas Indonesia bakal menghadapi Irak pada laga pertama Piala Asia 2023. Ini kesempatan bagi Indonesia untuk meraih poin minimal imbang.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal menghadapi Irak pada duel pertama Piala Asia 2023 di stadion Ahmad Bin Ali, Al Rayyan Qatar, Senin (15/1/2024) mulai pukul 21.30 WIB. Seperti diketahui, Indonesia tergabung di grup D bersama Irak, Vietnam, Jepang.

Indonesia langsung menghadapi Irak yang sekaligus jadi duel ulangan partai kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November tahun lalu. Pada laga yang berlangsung di Basra itu, Timnas Indonesia dibantai 1-5 oleh Irak.

Hampir dua bulan setelah duel itu berlangsung, Timnas Indonesia mencoba berbenah. Setelah imbang 1-1 melawan Filipina pada laga kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 grup F, Indonesia bersiap untuk mengikuti Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia belum meraih hasil yang memuaskan saat melakoni tiga laga uji coba. Pelatih Timnas Garuda Shin Tae-Yong banyak bereksperimen dengan formasi 3-4-3 yang dikenal sebagai formasi menyerang.

Apakah saat melakoni laga pertama melawan Irak Shin Tae-Yong akan ubah formasi permainan? Apakah ada pemain yang diganti?

Liputan6.com memprediksi perubahan formasi bakal dilakukan, begitupula juga pergantian pemain. Dalam komentar terakhirnya, Shin Tae-Yong menyoroti lini pertahanan dan berujar siap andalkan serangan balik di Piala Asia 2023.

 

2 dari 4 halaman

Formasi 3-4-3 Berubah Menjadi 5-3-2

 

Shin Tae-Yong biasanya kerap memasang formasi lebih bertahan saat menghadapi lawan lebih bagus. Itu terjadi saat melawan Iran bahkan lawan Vietnam di Piala AFF.

Menghadapi irak untuk kedua kali, formasi 5-3-2 kemungkinan besar bakal dipakai kembali. Soalnya, formasi ini membuat pertahanan lebih rapat meski tugas full back lebih sulit karena pergerakan harus jauh dari belakang.

"Ke depannya lawan akan lebih banyak menguasai bola. Karenanya kami akan melatih situasi itu agar pemain bisa mencari celah untuk menyerang balik dan menciptakan peluang yang baik, " kata Shin Tae-yong pada keterangan resmi usai kalah 0-5 dari Iran.

Timnas Indonesia memang sangat "bolong" di tiga laga uji coba. Dari tiga laga, Indonesia hanya mencetak 1 gol dan kebobolan 11 gol.

 

3 dari 4 halaman

Asnawi Mangkualam Sampai Marc Klok Bisa Dicoba Kembali

Terkait pergantian pemain, Shin Tae-Yong kini punya tambahan kekuatan karena Asnawi Mangkualam pulih dari cedera. Untuk formasi bertahan, Asnawi bisa gantikan Yakob Sayuri.

Soalnya, full back PSM Makassar itu punya karakter bermain yang lebih menyerang ketimbang bertahan. Sedangkan Asnawi teruji punya kekuatan bertahan lebih baik, meski juga pernah blunder.

"Untuk Asnawi memang sebelumnya ada masalah otot, jadi fokus rehabilitasi selama ini, dan memang hanya dimainkan 20-30 menit untuk cek kondisi Asnawi seperti apa," kata Shin Tae-Yong.

"Jadi di awal pertandingan Asnawi tidak bisa main sebagai kapten, maka dari itu wakil kapten Jordi yang jadi kapten hari ini."

Selain Asnawi, Marc Klok juga bisa kembali dimainkan di lini tengah. Perubahan ini bisa menggeser posisi Justin Hubner ke belakang dan mungkin gantikan Rizki Ridho di belakang.

 

4 dari 4 halaman

Formasi Timnas Indonesia dan Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia diprediksi gunakan formasi 5-3-2 yang akan berubah jadi 3-5-2 saat menyerang. Begini prediksi susunan pmeainnya:

Kiper: Ernando Ari

Bek: Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott, Pratama Arhan

Tengah: Ivar Jenner, Marselino, Justin Hubner/Marc Klok

Depan: Witan/Ramadhan Sananta, Rafael Struick