Sukses

5 Fakta Menarik Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023: Ada Satu yang Menjanjikan

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak pada laga perdana grup D pada Piala Asia 2023.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia akan mengawali langkahnya di Piala Asia 2023, hari ini, Senin (15/1/2024) kick off pukul 21.30 WIB. Di laga perdana babak penyisihan Grup D, pasukan Shin Tae-yong sudah ditunggu Irak.

Kedua tim bakal saling sikut di Stadion Ahmed bin Ali untuk memperebutkan poin perdana. Duel ini juga sekaligus jadi ulangan babak penyisihan kualifikasi Piala Dunia 2026 di Basra International Stadium pada 16 November lalu. Saat itu, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan telak dengan skor 1-5. 

Jelang pertarungan Indonesia vs Irak, situs resmi AFC merilis sejumlah fakta menarik kedua negara. Apa saja? simak ulasannya satu per satu. 

1. Musuh yang Familiar

Indonesia dan Irak memang baru pertama kali bertemu di ajang Piala Asia. Meski demikian, kedua negara berulang kali bertarung di event lain. Terakhir, Irak dan Indonesia bertanding pada babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di mana Irak berhasil memenangkan laga 5-1. 

Secara keseluruhan, Irak dan Indonesia sudah 7 kali bertemu. Timnas Indonesia tercatat belum sekalipun menang atas Irak. Sementara Irak menorehkan rekor 6 kali menang dan sekali seri.

2. Rekor Menjanjikan

Tahun ini menjadi kali kelima Indonesia tampil di Piala Asia, atau yang pertama sejak 2007 lalu. Terakhir, Indonesia lolos ke babak utama saat menjadi tuan rumah bersama Thailand dan Vietnam, dan Malaysia. Menariknya, dalam dua edisi Piala Asia sebelumnya, Indonesia belum pernah kalah pada pertandingan perdana babak penyisihan grup dengan catatan 2 kali menang dan 2 kali seri.  

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Menarik Selanjutnya

3. Sisi Menyulitkan

Irak hanya menelan satu kekalahan dari delapan laga pada delapan babak penyisihan grup terakhirnya di Piala Asia. Irak sejauh ini mencatat rekor 6 kali menang dan sekali kalah. Irak juga tidak terkalahkan dalam empat laga terakhirnya di fase grup Piala Asia. Satu-satunya kekalahan yang dialami Irak pada babak penyisihan Piala Asia terjadi pada 2011 lalu saat mereka dipaksa menyerah 1-2 oleh Iran.  

4. Fakta Unik

Striker Irak, Mohanan Ali mencuri perhatian pada Piala Asia 2019 lalu. Dia disebut-sebut sebagai wonderkid dan masuk dalam talenta muda terbaik versi AFC. Di Uni Emirat Arab, pemain yang kini berusia 23 tahun itu mencetak gol ke gawang Vietnam dan Yemen pada babak penyisihan grup D.    

Ali tidak hanya piawai dalam bola bawah. Dia juga tangguh dalam perebutan bola-bola atas.

Sepanjang Piala Asia 2019, dia melakukan tujuh sundulan ke arah gawang dan jadi yang terbanyak kedua sepanjang turnamen antar negara Asia ini digelar. Sayang, dari seluruh tandukan maut yang dilepaskannya, tidak satupun yang akhirnya berbuah gol. 

5. Rangking FIFA

Indonesi menjadi negara dengan ranking FIFA terendah di grup D Piala Asia 2023. Rangking Indonesia berada di bawah Irak, Jepang, dan Vietnam. Saat ini, Skuad Garuda menempati posisi 146 dunia. Sementara itu, timnas Irak jauh melesat di depan dengan menempati posisi ke-63.

3 dari 3 halaman

Jadwal Indonesia di Piala Asia 2023

Senin, 15 Januari 2024

21:30 WIB - Indonesia vs Irak (Stadion Ahmad bin Ali)

Jumat, 19 Januari 2024

21:30 WIB - Vietnam vs Indonesia (Stadion Abdullah Bin Khalifa)

Rabu, 24 Januari 2024

18:30 WIB - Jepang vs Indonesia (Stadion Al Thumama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.