Sukses

Jumpa di Laga Kedua Grup D Piala Asia 2023, Pelatih Vietnam Kagumi 2 Pemain Timnas Indonesia Ini

Vietnam bakal menghadapi Timnas Indonesia pada laga kedua grup D Piala Asia 2023. Siapa pemain yang ditakuti Philippe Troussier?

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier menganalisa Timnas Indonesia yang bakal jadi lawan mereka di laga kedua grup D Piala Asia 2023 di stadion Abdullah Bin Khalifa, Jumat (19/1/2023) mulai pukul 21.30. Vietnam di atas angin karena tak pernah kalah dari empat pertemuan terakhir lawan Indonesia utamanya di Piala AFF dan juga kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu.

Troussier pun sudah mengamati kekuatan Timnas Indonesia dengan seksama. Dia mengaku kagum dengan dua pemain Garuda Indonesia, siapa mereka?

"Mungkin saya paling kagum dengan pemain yang memakai nomor 7, Marselino Ferdinan. Meski begitu, kekuatan terbesar Indonesia itu ada di kekuatan semangat mereka," ujar Phillip Troussier seperti dikutip Soha.VN.

"Meski mereka kalah dari Irak, tapi mereka tunjukkan semangat dan daya juang yang tinggi. Mereka juga keseimbangan saat menyerang dan pertahanan. Nomor 11 Rafael Struick dan gelandang timnas Indonesia juga sangat ngotot."

Vietnam sudah menunjukkan permainan tangguh mereka saat melawan Jepang. Meski kalah kelas, negeri para Nguyen ini bisa membuat Jepang kesulitan.

"Duel ini seperti ingin menegaskan posisi kita di Asia Tenggara. Saya berharap seluruh pemain Vietnam bisa memberi yang terbaik, karena duel ini sama saja seperti final Piala AFF atau SEA Games. Tim yang menang bisa lolos ke babak berikutnya," kata pelatih asal Prancis itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vietnam Gak Kaleng-Kaleng

 

Sementara itu, kiper Vietnam yang punya darah Republik Ceko Filip Nguyen juga memberikan analisanya soal pertandingan nanti. Ini bakal jadi kali pertama Filip Nguyen menghadapi Indonesia.

Dia memastikan Vietnam bukan tim kaleng-kaleng. Ini sudah mereka buktikan saat mengalahkan Jepang.

"Saya pikir banyak orang yang mengira Jepang bakal menang mudah lawan kami, tapi Vietnam main bagus di babak pertama, bahkan memimpin," ujarnya.

"Sayang sekali kami tak bisa menjaga itu. Saya bangga dengan apa yang tim ini tunjukkan, kami tunjukkan kepada Asia bisa melakukannya."

 

3 dari 4 halaman

Filip Nguyen Sebut Timnas Indonesia Kuat

Filip mengatakan, Timnas Indonesia tim yang kuat. Dia juga memprediksi duel nanti bakal keras.

"Lawan Indonesia, saya selalu menghormati lawan saya, karena seluruh tim punya peluang sama. Agar bisa lolos, Vietnam harus kejar 3 poin," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Vietnam Kejar 6 Poin

Di sisi lain, Troussier mengaku berambisi kejar 6 poin dari laga melawan Vietnam dan Irak. Ini untuk mengamankan peluang mereka lolos ke-16 besar.

"Lawan Indonesia merupakan proses untuk lolos ke fase berikutnya. Kami akan kerja keras agar bisa maksimal di dua laga tersisa," ujarnya.

"Kami akan mencoba rebut enam poin maksimal. Kalau tidak penuhi target itu, kami mulai kalkulasi bagaimana bisa lolos."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.