Sukses

Garuda Gandeng Organisasi Jepang untuk Dorong Pengembangan Baseball Lewat Asia Koshien Baseball Tournament

Klub baseball Indonesia, Garuda Baseball Softball Club, resmi menggandeng organisasi nirlaba Jepang No Border Academy untuk meluncurkan program Asia Koshien Baseball Tournament, yang menjadi tonggak penting dalam pengembangan baseball di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta- Klub baseball Indonesia, Garuda Baseball Softball Club, resmi menggandeng organisasi nirlaba Jepang No Border Academy untuk meluncurkan program Asia Koshien Baseball Tournament.

Kegiatan tersebut menandai tonggak penting dalam pengembangan baseball Indonesia, dengan acara peluncurannya digelar di Stadion Softball Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Sabtu (20/1/2024).

Melansir rilis resmi yang diterima Liputan6.com, program Asia Koshien Baseball Tournament terinspirasi dari liga baseball Koshien terkemuka di Jepang, yang ditujukan untuk mendorong pertumbuhan baseball di Indonesia.

Penandatanganan MoU guna mengukuhkan kerja sama untuk mencapai tujuan tersebut pun telah dilakukan dengan dihadiri oleh eks pemain profesional Tokyo Giants, Shogo Shibata, yang sekaligus menjabat sebagai Direktur No Border Academy.

"Sungguh senang sekali dapat membantu penyelenggaraan Asia Koshien di Indonesia bersama Garuda," ucap Shibata dalam acara penandatanga MoU di Stadion Softball Gelora Bung Karno, Sabtu (20/1/2024) pagi WIB.

"Liga Koshien di Jepang sendiri merupakan liga under 18, di mana bibit-bibit pemain profesional baseball di Jepang memulai karier mereka seperti Shohei Ohtani," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Ajang Berbagi Pengetahuan dan Teknik

Selaras dengan hal itu, Ketua Umum Garuda Ihsan Trihendra juga mengaku senang dengan kerja sama yang terjalin antara pihaknya dan No Border Academy.

Ia menilai Asia Koshien Baseball Tournament–yang rencananya digelar di Jakarta pada Desember 2024–bisa menjadi ajang untuk mentransfer pengetahuan, semangat, serta teknik antar pegiat-pegiat baseball yang terlibat.

"Satu hal yang paling penting dengan adanya Asia Koshien ini, tidak hanya menyelenggarakan turnamen saja, namun terjadinya transfer knowledge, semangat, dan teknik antar panitia, pengurus tim, dan pemain," ucap Ihsan.

"Bagi penyelenggara, (agenda ini) juga cukup penting, karena kami belajar dengan penyelenggara internasional–yakni Jepang–yang memiliki standar khusus untuk mengadakan pertandingan internasional," jelas Ihsan.

3 dari 3 halaman

Pererat Hubungan Indonesia-Jepang

Sementara itu, Ketua Pengprov Perbasasi DKI Jakarta Hari Wibowo melihat Asia Koshien Baseball Tournament sebagai ajang mempererat hubungan Indonesia dan Jepang, utamanya di bidang olahraga.

Ia berharap kompetisi tersebut dapat turut berkontribusi dalam mendukung pengembangan baseball Tanah Air, sekaligus memberi stimulus kepada klub-klub lain untuk turut menyelenggarakan agenda serupa.

"Saya mewakili Perbasasi DKI Jakarta sangat mendukung perkembangan baseball di kota Jakarta melalui pertandingan ini dan mengajak klub lain di Jakarta selain Garuda, untuk turut melakukan penyelenggaraan pertandingan serupa guna menarik peserta dan tim baseball DKI," ujarnya.