Sukses

Klasemen Peringkat 3 Terbaik Piala Asia 2023: Bagaimana Peluang Timnas Indonesia?

Timnas Indonesia bisa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 dengan status peringkat ketiga terbaik. Bagaimana peluang dan kondisinya?

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akan melakoni laga krusial melawan Jepang pada laga terakhir sekaligus penentuan di grup D Piala Asia 2023. Indonesia saat ini berada di peringkat ketiga klasemen grup D Piala Asia 2023 dengan 3 poin.

Timnas Indonesia punya peluang untuk lolos 16 besar Piala Asia 2023 sebagai peringkat 3 terbaik bahkan runner up. Syaratnya Indonesia harus menang atau imbang lawan Jepang.

Jepang dalam posisi galau menghadapi laga melawan Indonesia. Soalnya, mereka juga butuh menang agar bisa menjaga peluang ke-16 besar sebagai pemuncak klasemen grup D.

Skenario awal Jepang buyar usai kalah 1-2 dari irak pada laga kedua grup D Piala Asia 2023. Kini, mau gak mau, Jepang harus kalahkan Indonesia agar tidak terhindar jumpa pemuncak grup E yang mungkin dihuni Korea Selatan.

Timnas Indonesia pun mendapatkan beban yang berat untuk laga ini. Indonesia akan menghadapi Jepang yang membutuhkan poin, juga tidak sesuai skenario awal.

Sebelumnya, Timnas Indonesia berharap Jepang bisa lebih santai di laga ketiga. Itu dengan asumsi Jepang sudah menang dua kali lawan Vietnam dan Jepang. Lalu bagaimana peluang Indonesia?

 

2 dari 5 halaman

Peluang Indonesia Jadi Runner Up atau Peringkat 3 Terbaik

Timnas Indonesia masih berpeluang untuk jadi runner up atau peringkat 3 terbaik. Timnas Indonesia saat ini berada bersaing dengan Bahrain, Oman, Suriah, Tajikistan dan Palestina.

Dilihat dari laga terakhir kelima negara, Indonesia memang sangat bergantung kepada hasil yang diraih mereka. Bila Indonesia kalah dari Jepang, maka kelima negara diharapkan tidak menang di laga terakhir.

Sedangkan kalau imbang, posisi Indonesia lebih kuat untuk lolos ke-16 besar Piala Asia 2023. Untuk klasemen peringkat 3 terbaik bisa didapatkan di halaman berikutnya.

 

3 dari 5 halaman

Jordi Amat Berharap Bisa Main Lawan Jepang

 

Bek timnas Indonesia Jordi Amat berharap bisa bermain pada laga penutup Grup D Piala Asia 2023 melawan Jepang, Rabu (24/1/2024). Dia siap memakai masker usai cedera patah tulang hidung saat meladeni Vietnam, Jumat (19/1/2024).

Jordi gagal menyelesaikan laga tersebut dan diganti Rizky Ridho. "Ya, saya ada patah tulang kecil di sebelah hidung saya," kata Jordi dilansir situs resmi PSSI.

"Saya kira dua hari istirahat saja cukup untuk penyembuhan dan saya harap saya bisa bermain dengan masker untuk melindungi wajah saya. Memang tidak nyaman karena menyakitkan, tetapi saya berharap peradangannya hilang dalam beberapa hari," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Janji Hokky Caraka

 

Striker Timnas Indonesia Hokky Caraka berjanji tampil lebih baik jika diturunkan pada laga penutup Grup D Piala Asia 2023 melawan Jepang di Stadion Thumama, Rabu (24/1/2024).

Hokky melakoni debut di turnamen saat masuk sebagai pengganti pada duel kontra Vietnam, Jumat (19/1/2024).

"Saya memang sedikit grogi dan setelah pertandingan jadi tidak bisa tidur, setelah melihat seberapa besar ego saya sehingga tidak bisa memanfaatkan peluang. Jadi saya akan mengevaluasi diri saya sendiri untuk kesempatan selanjutnya," ungkap pemain asal klub PSS Sleman tersebut.

5 dari 5 halaman

Klasemen Peringkat 3 Terbaik Piala Asia 2023

 Posisi  Grup  Negara  Main  Menang  Imbang  Kalah  Produktivitas  Poin
 1  E  Bahrain   2  1  0  1  2-3  3
 2  D  Indonesia 2  1  0  1  2-3  3 
 3  F  Oman 2  0   1  1 1-2  1 
 4  B   Suriah 2  0   1  1 0-1  1 
 5  A  Tajikistan 2   0 1  1  0-1  1 
 6  C  Palestina 2  0  1  1  2-5  1Â