Sukses

Temui Shin Tae-yong, Erick Thohir Beberkan Kesiapan Timnas Indonesia Jelang Lawan Vietnam

Erick Thohir mengaku sudah sempat bertemu dengan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong guna membahas kesiapan skuad jelang hadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal melakoni dua laga penting melawan Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Garuda dijadwalkan menjamu The Golden Star di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3/2024), sebelum gantian bertandang ke My Dinh National Stadium lima hari berselang.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku sudah sempat bertemu dengan pelatih Shin Tae-yong guna membahas strategi dan kesiapan Timnas Indonesia sebelum berjumpa dengan musuh bebuyutannya.

Sejauh ini, ada beberapa pemain yang dipastikan tidak bisa tampil akibat cedera dan akumulasi kartu, sehingga bakal memaksa juru taktik Korea Selatan melakukan sedikit perubahan di posisi-posisi tertentu.

"Kemarin saya rapat dengan coach Shin Tae-yong untuk persiapan pertandingan (melawan Vietnam) di tanggal 21 dan 26 Maret," papar Erick Thohir saat ditemui awak media di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

"Coach Shin Tae-yong memaparkan, memang ada beberapa pemain yang belum bisa bermain karena cedera dan lain-lain, seperti Shayne Pattynama, lalu Asnawi yang masih ada akumulasi kartu. Nah, tentu timnas perlu strategi untuk mengisi kekurangan ini," sambung sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu.

Adapun Shayne Pattynama sejak awal memang tidak diikutsertakan dalam daftar 28 pemain pilihan Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sementara itu, Asnawi tetap dipanggil memperkuat skuad Garuda meski harus absen di laga pertama kontra Vietnam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

ET Beber Solusi Atasi Kekurangan Pemain

Guna mengatasi potensi terjadinya kekurangan pemain di masa mendatang, Erick Thohir pun menegaskan rencana PSSI mengumpulkan setidaknya 150 penggawa tim nasional dengan level seimbang.

Menurut dia cara itu bisa memberi keleluasaan kepada pelatih dalam memilih skuad di laga-laga penting, terlepas dari adanya potensi pemain absen akibat cedera atau akumulasi kartu.

"Itu yang selalu saya bilang berulang-ulang, kenapa kita perlu 150 pemain. Di tim nasional senior pun ketika Shayne cedera atau Asnawi tidak bisabermain, pelapisnya masih tipis, tinggal Arhan. Ya mungkin ada Sandy Walsh, dan untung (sekarang) ada Nathan," ucap Erick Thohir.

"Makanya saya bilang di senior pun kita harus punya 24 pemain yang standarnya sama, supaya ketika ada (masalah akumulasi) kartu atau cedera, kita bisa punya pemain pengganti yang sama kualitasnya."

"Seperti di lini tengah, kan selalu kita hanya berbicara empat pemain, Marselino, Ivar, Marc, dan Ricky Kambuaya, sudah. Mana lagi? Makanya ini yang harus kita dorong dan menambah jumlah pemain dengan standar yang sama," tandas dia.

3 dari 3 halaman

STY Optimistis Menang Lawan Vietnam

Terlepas dari ketersediaan penggawa, Shin Tae-yong optimistis tim racikannya bisa menang saat menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Apalagi juru taktik asal Korea Selatan punya rekor bagus menghadapi pasukan Philippe Troussier saat di AFC Asian Cup 2023.

"Sebagai pelatih kepala, saya optimistis. Saya serius menyiapkan tim semaksimal mungkin," ucap Shin Tae-yong beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

"Saat bertemu dengan beberapa pemain timnas di Eropa, saya menyempatkan diri berbicara, makan malam, dan membangun motivasi para pemain untuk menang melawan Vietnam," sambung juru taktik yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.