Sukses

Como Belum Mau Ambil Pemain Indonesia karena Tak Ingin Kariernya Hancur Cuma Jadi Cadangan

Como tak mau menghancurkan karier pemain Indonesia karena akan sulit mendapat menit bermain di Serie A.

Liputan6.com, Jakarta- Mirwan Suwarso selaku perwakilan pemilik Como 1907 mengklarifikasi gaduh di media sosial akibat pernyataannya beberapa waktu lalu soal tidak berminat untuk mendatangkan pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Thom Haye.

Dalam wawancara dengan Liputan6.com, Bola.com dan Bola.net, Mirwan menjelaskan bila Thom Haye karakter permainannya memang tidak cocok dengan Como yang baru saja promosi ke Serie A musim 2024/2025. Mirwan mengaku akrab dengan Thom Haye.

"Ramai-ramai orang pada tidak terima Thom Haye dibilang pelapis ketiga. Gimana, memang iya kok. Di tempat kami, maksudnya bukan karena dia pemain jelek. Saya mengenal dan sering ngobrol dengan Thom Haye. Dia itu pemain quarterback. Kalau kami bertahannya low block dan turun ke belakang, dia ideal dan bisa di situ," ungkap Mirwan.

"Dia akan kasih umpan-umpan panjang yang akurat banget. Tapi, kami bermainnya ke atas. Kami menekan. Thom Haye bukan pemain dengan mobilitas tinggi. Dia yang pertama akan mengakui itu."

"Kami memerlukan pemain yang beda. Kami membutuhkan pemain yang bisa agresif untuk menekan. Sewaktu di Serie B, kami masih banyak bermain naik turun. Kecepatan menutup lawan, keperluannya tidak seperti di Serie A," jelas Mirwan.

Thom Haye sebenarnya bisa didapat gratis di bursa transfer musim panas 2024. Kontraknya bersama SC Heerenveen akan habis Juni nanti. Heerenveen sudah membuat salam perpisahan untuk Thom Haye.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Cocok di Serie A

Keputusan Como tidak merekrut pemain Indonesia dalam waktu dekat karena mereka tidak ingin karier pemain Indonesia tersebut terbuang percuma karena tak mendapatkan menit bermain yang banyak.

"Thom Haye cocok di Serie B bareng kami. Di Serie A, kasihan dia. Kan, untuk apa saya mengambil pemain terus habis itu dia juga tidak akan menjadi pemain utama. Percuma gitu loh. Kami perlu pemain yang kayak 'sudah di Serie A, sudah terkenal, ada dia kami tenang begitu'. Bukan berarti Thom Haye pemain jelek," terang Mirwan.

3 dari 3 halaman

Como Tak Mau Hancurkan Karier Pemain Indonesia

Mirwan mengaku sempat tertarik pada penyerang timnas Indonesia Rafael Struick. Namun Como tidak berani membawa Rafael dalam waktu dekat karena akan sulit bersaing dengan Patrick Cutrone. Apalagi Como juga berencana merekrut striker berpengalaman lain yang sudah malang melintang di Serie A.

"Dia harus bersaing dengan Patrick Cutrone, dia harus bersaing dengan, jika kami membeli striker sekualitas misalnya Andrea Belotti. Saingannya seperti itu. Untuk apa saya mengambil pemain dari Indonesia, tapi tidak mendapatkan kesempatan. Buang-buang waktu, usia bertambah terus."

Rafael Struick sendiri saat ini berstatus pemain ADO Den Haag di kasta kedua Liga Belanda, namun belakangan lebih banyak bermain untuk tim U-21 di Liga Belanda U-21.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini