Sukses

Profil Tim Piala Eropa 2024: Rumania Ingin Bicara Lebih Banyak

Timnas Rumania mengikuti Euro 2024 pada partisipasi keenam sepanjang sejarah di pesta sepak bola Eropa. Pada ajang di Jerman, Tricolorii berharap bisa mencatat hasil lebih baik walau tantangan besar menanti di depan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Rumania mengikuti Euro 2024 pada partisipasi keenam sepanjang sejarah di pesta sepak bola Eropa. Pada ajang di Jerman, Tricolorii berharap bisa mencatat hasil lebih baik walau tantangan besar menanti di depan mereka.

Di bawah bimbingan pelatih Edward Lordanescu, Rumania masuk Grup E bersama Belgia, Slovakia, dan Ukraina. Mereka melakoni ujian pertama melawan Ukraina di Allianz Arena pada Senin (17/6/2024) mendatang.

Perjalanan timnas Rumania dalam sejarah Piala Eropa telah dipenuhi dengan tawa dan kekecewaan yang mendalam. Meski pernah mencapai perempat final pada 2000, mereka lebih banyak berstatus pelengkap karena kandas di fase grup pada empat partisipasi lainnya. Tepatnya tahun 2004, 2012, dan 2020.

Rumania bahkan tercatat hanya sekali meraih kemenangan di Piala Eropa, dicatat saat mengalahkan Inggris 3-2 tahun 2000 untuk memastikan tiket ke babak 8 besar.

Selain hasil tersebut, Rumania juga sempat mengejutkan raksasa lain pada ajang di Belgia-Belanda. Mereka sukses mengimbangi Jerman 1-1 sehingga memulangkan sang juara bertahan.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Kunci Rumania: Nicolae Stanciu

Nicolae Stanciu adalah pemain lini tengah Timnas Rumania dan klub Liga Pro Saudi Damac. Kepemimpinannya bakal memainkan peran penting di balik sepak terjang Rumania pada Piala Eropa mendatang.

Stanciu memulai kariernya di Unirea Alba Iulia pada tahun 2008. Dia kemudian melanjutkan karier bersama Vaslui dan Steaua Bucharest untuk merebut berbagai gelar.

Mencari tantangan baru, Stanciu pindah ke luar negeri pada tahun 2016 menuju Belgia demi membela Anderlecht. Setelah memenangkan gelar nasional Belgia dan Piala Super, Stanciu bergabung dengan Sparta Prague satu setengah tahun kemudian.

Dia meninggalkan Republik Ceko pada awal tahun 2019 untuk bergabung dengan klub Arab Saudi Al Ahli. Stanciu kembali ke Republik Ceko bersama Slavia Praha, sebelum memperkuat klub China Wuhan Three Towns dan kini Damac.

Pada panggung internasional, Stanciu melakukan debut di tim senior pada Maret 2016, setelah sebelumnya memperkuat tim U-19 dan U-21. Dia masuk skuad yang membela Rumania di Piala Eropa 2016. 

3 dari 3 halaman

Pelatih Rumania: Edward Iordanescu

Edward Iordanescu memiliki karier panjang di sepak bola. Sebagai pemain, dia menjelajahi lapangan hijau bersama sembilan klub. Beberapa di antaranya adalah tim luar negeri Panionios dan Alki Larnaca. Namun, seperti sang ayah Anghel, Iordanescu juga punya ikatan di klub legendaris Steaua Bucharest.

Setelah gantung sepatu, Iordanescu menemukan panggilan baru dalam dunia kepelatihan. Dia menonjol dengan pendekatan yang cermat dan pengetahuan yang luas tentang permainan. Di kursi pelatih, ia membimbing CFR Cluj menuju tiga trofi domestik selama dua masa tugasnya, menunjukkan bakat dan kemampuan manajerialnya yang luar biasa.

Sukses tersebut membawanya ke kursi timnas pada tahun 2022. Dalam perannya ini, dia berhasil membawa tanah kelahirannya melewati kualifikasi Euro 2024.

Pada ajang di Jerman, Iordanescu berkesempatan menggoreskan tinta emas seperti Anghel. Seperti diketahui, Anghel Iordanescu merupakan sosok yang membawa Rumania menembus babak 8 besar Piala Dunia 1994, terbaik sepanjang sejarah sepak bola negara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini