Sukses

Kejuaraan Dunia Olahraga Barongsai Digelar di Jakarta, Sejarah Baru Tercatat

Kejuaraan dunia olahraga barongsai di Jakarta dibuka langsung Grace Natalie yang mewakili Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta- Kejuaraan Dunia Barongsai pertama di Indonesia yang bertajuk 1st FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024 resmi dibuka pada Jumat 17 Mei 2024 di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta.

10 negara akan bersaing menjadi juara pada event yang digagas Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) ini. Peserta datang dari Indonesia, Singapura, Hong Kong, Malaysia, Myanmar, Vietnam, China, Taiwan, Thailand, dan Australia.

Total ada 58 tim yang ikut serta dengan atlet mencapai 550 orang. Kejuaraan Dunia Barongsai 2024 ini berlangsung selama tiga hari sampai 19 Mei 2024.

Upacara pembukaan Kejuaraan Dunia Barongsai ini berlangsung meriah. Ada beberapa tarian tradisional seperti Reog yang disuguhkan untuk menghibur tamu undangan dan atlet dari luar negeri.

Grace Natalie selaku Staf Ahli Presiden Jokowi membuka Kejuaraan Dunia Barongsai 2024 ini. Event ini memang memperebutkan tiga piala sekaligus. Yang pertama Piala Presiden melalui pertandingan Barongsai (Southern Lion Dance).

Untuk kelompok kedua ada pertandingan Pekingsai (Northern Lion Dance) yang akan memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Kemudian, terakhir adalah pertandingan Naga (Dragon Dance) dan akan memperebutkan Piala Menteri Pertahanan.

“Sejarah telah tercatat di tempat ini. Sejarah dimana pertama kali Piala Presiden diperebutkan pada Kejuaraan Dunia Barongsai,” kata Grace Natalie saat mewakili Joko Widodo membuka Kejuaraan Dunia Barongsai.

2 dari 3 halaman

Grace Bangga Liat Kejuaraan Dunia Barongsai

Grace bangga dengan diselenggarakannya Kejuaraan Dunia Barongsai di Indonesia. Tak sekadar event olahraga, Kejuaraan Dunia Barongsai juga menunjukkan keberagaman. Pasalnya peserta datang dari beragam suku.

“Kita bangga melalui event ini ada pengakuan nasional bahwa suku Tionghoa dan budayanya telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kekayaan ragam budaya Indonesia. Ini artinya persatuan dan kesatuan anak bangsa direkatkan,” tutur Grace Natalia.

3 dari 3 halaman

Indonesia Targetkan Juara Umum

Grace berharap atlet-atlet barongsai Indonesia bisa berjaya di kandang sendiri. "Saya berharap atlet-atlet kita bisa menjadi juara ya," tegas Grace.

Sementara itu ketua FOKI Edy Kusuma menyatakan Indonesia menargetkan menjadi juara umum. “Targetnya sih kita bisa meraih gelar juara umum. Apalagi, prestasi Barongsai Indonesia cukup bagus dan sudah beberapa kali meraih medali emas pada event internasional,” kata Edy.

Video Terkini