Sukses

Indosiar Bakal Siarkan Eksklusif Turnamen Tournoi Maurice Revello 2024: Sarana Asah Taji Timnas Indonesia U-20

Indosiar akan menayangkan secara eksklusif kiprah Timnas Indonesia U-20 dalam ajang Tournoi Maurice Revello 2024 yang digelar di Prancis mulai 3 sampai 16 Juni mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Indosiar kembali menunjukkan komitmennya dalam menjalankan jargon sebagai “Rumah Sepak Bola Indonesia”. Setelah menyiarkan kompetisi kasta tertinggi Tanah Air, BRI Liga 1 2023/2024, yang segera ditutup dengan laga perebutan gelar juara Persib Bandung melawan Madura United pada 31 Mei 2024, Indosiar akan langsung menayangkan Tournoi Maurice Revello 2024.

Sekadar informasi, perhelatan ini sebelumnya dikenal sebagai Toulon Tournament. Akan tetapi, kompetis yang dimulai pada tahun 1967 itu pada akhirnya berganti nama untuk menghormati sosok penggagas Maurice Revello.

Adapun Tournoi Maurice Revello 2024 bakal berlangsung di Prancis mulai 3 hingga 16 Juni mendatang. Perhelatan sepak bola legendaris untuk level U-17 sampai U-23 tersebut bakal sekaligus menjadi sarana mengasah taji buat Timnas Indonesia U-20 di bawah asuhan pelatih Indra Sjafri dalam berlaga di panggung prestisius internasional 

Terdapat setidaknya 9 tim nasional level U-17 hingga U-23 yang akan turut berpartisipasi dalam turnamen ini, yakni timnas Prancis, Pantai Gading, Meksiko, Arab Saudi, Korea Selatan, Italia, Jepang, Panama, hingga Ukraina. 

Total 10 partisipan tersebut selanjutnya akan dibagi ke dalam dua grup, yakni A dan B, dengan Timnas Indoneis U-20 menjadi bagian dari grup B bersama negara-negara papan atas sepak bola sekelas Italia, Jepang, Panama dan Ukraina. 

Indosiar selaku saluran televisi milik EMTEK Grup akan menyiarkan secara live seluruh pertandingan Timnas Indonesia U-20. Sementara itu, ke-25 laga di turnamen muda kelas dunia ini juga dapat disaksikan oleh penggemar melalui live streaming di platform OTT Vidio.

Garuda Nusantara sendiri bakal melakoni laga perdana pada Selasa (4/6/2024). Tim asuhan Indra Sjafri dijadawalkan menantang Ukraina dalam pertandingan yang ditayangkan di Indosiar dan Vidio mulai pukul 22.30 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-20 di Tournoi Maurice Revello 2024

Selasa, 4 Juni 2024

Timnas Indonesia U-20 vs Ukraina

Lokasi: Stadium De Vitrolles

Kick-off: 22.30 WIB

 

Kamis, 6 Juni 2024

Timnas Indonesia U-20 vs Panama

Lokasi: Stadium Aubagne

Kick-off: 22.30 WIB

 

Sabtu, 8 Juni 2024

Japan vs Indonesia

Lokasi: Stadium Fos

Kick-off: 18.30 WIB

 

Rabu, 12 Juni 2024

Italy vs Indonesia

Lokasi: Stadium Salon

Kick-off: 22.30 WIB

3 dari 4 halaman

Timnas Indonesia U-20 Bakal Tampil Habis-habisan

Timnas Indonesia U-20 dipastikan akan tampil habis-habisan dan berjuang demi meraih hasil terbaik di Grup B. Dua tim pemenang grup nantinya akan bertemu di laga final untuk memperebutkan gelar juara. Sementara dua tim runner-up grup akan memperebutkan posisi ke-3, sementara sisanya 2 tim posisi ke-3 klasemen akan memperebutkan posisi 5 dan 6, 2 tim posisi ke-4 klasemen akan memperebutkan posisi 7 dan 8, sedangkan 2 tim posisi ke-5 klasemen akan memperebutkan posisi ke-9 dan 10.

“Saya pernah katakan, bahwa kekuatan mental para pemain Timnas saat ini yang menjadi pembeda dengan Timnas masa lalu. Artinya, mental itu harus ditempa. Tetap tenang saat ketinggalan atau ditekan menjadi kunci kekuatan tim untuk bangkit. Salah satu upaya meningkatkan mental selain melawan tim yang lebih kuat, seperti yang pernah kita lakukan saat melawan juara dunia, Argentina, atau ikut turnamen yang terdiri dari tim-tim berperingkat di atas kita”, ujar Ketum PSSI Erick Thohir.

Selaras dengan hal itu, pelatih Indra Sjafri juga menuturkan Tournoi Maurice Revello 2024 merupakan turnamen internasional yang bermanfaatk membentuk Timnas Indonesia U-20 serta mencari komposisi terbaik. Lebih lanjut, ajang ini juga dianggap sebagai sarana bagi skuadnya guna mempraktikkan game plan dan filosofi permainan yang telah dibangun.

“Tournoi Maurice Revello 2024 ini merupakan turnamen internasional yang sangat baik untuk membentuk Timnas Indonesia U-20 mencari komposisi terbaik, maupun berpraktik game plan atau filosofi yang akan kita mainkan nanti,” ucap pelatih Indra Sjafri dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Komitmen Indosiar untuk Tayangkan Timnas Indonesia U-20

Di sisi lain, Direktur Programming SCM Harsiwi Achmad mengeklaim, Indosiar selaku saluran TV yang menayangkan kiprah Timnas Indonesia U-20 di Tournoi Maurice Revello 2024 juga sudah berkomitmen mendedikasikan jam tayang utamanya bagi ajang tersebut. Harapannya, masyakarakat Indonesia dapat turut menjadi saksi kiprah para pemain muda Tanah Air di panggung dunia.

“Masyarakat Indonesia menjadi saksi kiprah hebat beberapa pemain dari klub-klub di BRI Liga 1 2023/2024 yang kini akan berjuang demi harumnya Merah Putih di turnamen kelas dunia. Tiada keraguan bagi Indosiar untuk mendedikasikan jam tayang utamanya agar seluruh pemirsa di penjuru tanah air dapat mendukung dan menyaksikan kesempatan emas Garuda Nusantara berlaga di turnamen bergengsi Tournoi Maurice Revello 2024”, tutur Harsiwi Achmad.

Sekadar informasi Tournoi Maurice Revello edisi 2024 menjadi menandai kali ke-3 Timnas Indonesia U-20 turut berpartisipasi di ajang serupa, setelah sebelumnya turut ambil bagian pada 2017 dan 2022.

Sejumlah pemain top dunia seperti Christiano Ronaldo, Zinedine Zidane, David Beckham, Thierry Henry, Frank Lampard, Bruno Fernandes, serta Alan Shearer uga diketahui pernah turut andil berlaga membela negara mereka di ajang turnamen legendaris yang segera memasuki tahun ke-50 penyelenggaraannya.

Dari Timnas Indonesia sendiri nama-nama pemain berbakat seperti Hokky Caraka, Arkhan Fikri, Muhammad Ferrari, Rachmat Irianto, serta Muhammad Iqbal juga telah merasakan panasnya turnamen prestisius ini. Saksikan laga perdana Timnas Indonesia U-20 vs Ukraine, hari Selasa, 4 Juni 2024 pukul 22.30 WIB Live hanya di Indosiar dan Vidio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.