Sukses

Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong Beber Makna Laga Uji Coba Lawan Tanzania

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap makna laga uji coba melawan Tanzania pada 2 Juni mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal menghadapi laga uji coba melawan Tanzania di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) pada Minggu (2/6/2024) pukul 16.00 WIB.

Pertandingan tersebut menjadi semacam pemanasan jelang duel penting kontra Irak dan Filipina dalam lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang dijadwalkan berlangsung pada 6 dan 11 Juni mendatang.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun mengungkap makna penting di balik laga persahabatan timnya awal bulan depan. Alih-alih membidik kemenangan, juru taktik asal Korea Selatan menilai pertandingan itu cuma jadi sarana untuk mengecek kondisi pemain yang sempat berlibur usai berakhirnya tugas bersama klub masing-masing.

"Para pemain banyak yang berlibur mulai, dari Liga Eropa hingga Liga Indonesia pun sama, banyak istirahat. Pasti perfoma pertandingan menurun," ucap Shin Tae-yong dalam sesi latihan perdana Timnas Indonesia di Lapangan ABC GBK pada Selasa (28/5/2024) sore WIB.

"Memang pas juga pikiran saya dengan pikiran PSSI, jadi akhirnya kita ambil match lawan Tanzania. Di luar hasil menang atau kalah, tujuannya hanya untuk mengecek kondisi para pemain seperti apa," tandas juru taktik berusia 53 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Timnas Indonesia Belum Lengkap

Sekadar informasi, Timnas Indonesia sudah mulai berkumpul di salah satu hotel di kawasan Jakarta sejak Senin (27/5/2024). Akan tetapi, hingga sesi latihan perdana dilangsungkan, amunisi skuad Garuda masih belum lengkap.

Pratama Arhan masih bersama klubnya di Korea Selatan dan baru akan terbang ke Indonesia setelah mendapat keputusan terkait sanksi larangan bermain. Jordi Amat diperkirakan bergabung pada 31 Mei. Jay Idzes bakal tiba di Tanah Air pada 5 Juni mendatang, sementara Justin Hubner akan menyusul selepas membela timnya di gelaran J-League pada awal Juni.

"Untuk Arhan, karena pertandingan terakhir di K-League dia dapat kartu merah, hari ini baru ada keputusan apakah dia dapat sanksi dilarang bermain 2 pertandingan atau sama sekali tidak ada sanksi. Bisa saja besok (Arhan) berangkat dari Korea ke Indonesia," papar Shin Tae-yong.

"Jordi akan bergabung tanggal 31. Untuk Jay, karena dia masuk final play-off, mungkin baru akan sampai pada 5 Juni. Justin akan datang ke Indonesia setelah bermain di J-league tanggal 2 Juni," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Tinggal Butuh 1 Kemenangan

Sekadar informasi, laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Juni mendatang menjadi momen krusial buat skuad racikan Shin Tae-yong. Pasalnya, mereka tengah membidik setidaknya satu kemenangan untuk mengantar Merah Putih tembus ke putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Adapun pasukan Garuda sementara ini menempati peringkat 2 klasemen grup F dengan selisih 5 poin dari Irak di puncak klasemen, serta unggul 4 angka dibanding Vietnam yang menempati urutan 3. Praktis, kemenangan di laga kontra Irak atau Filipina bakal membuat Timnas Indonesai tak lagi bisa dikejar oleh rival terdekat.

Simak jadwal lengkap Timnas Indonesia dalam lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 berikut ini.

Kamis, 6 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Irak

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 16.00 WIB

 

Selasa, 11 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Filipina

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 19.30 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.