Sukses

Timnas Indonesia Tantang Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY Kembali Ungkit Kontroversi Wasit Piala Asia U-23

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong kembali mengungkit masalah wasit Piala Asia U-23 2024 yang dinilai merugikan timnya jelang duel melawan Irak dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, Juni mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong kembali mengungkit masalah wasit Piala Asia U-23 2024 yang dinilai merugikan timnya jelang duel melawan Irak dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, Juni mendatang.

Seperti diketahui, juru taktik skuad Garuda memang sudah beberapa kali memimpin anak-anak asuhnya menghadapi Irak di panggung internasional.

Setidaknya, ada tiga pertandingan kontra Timnas Irak yang tersaji di bawah asuhan juru taktik Korea Selatan. Dua di antaranya berlangsung dalam level senior, sedangkan satu sisanya terjadi di kancah U-23.

Malang dari total pertemuan tersebut, belum sekali pun Shin Tae-yong mampu membawa anak-anak asuhnya menang atas Singa Mesopotamia. Timnas Indonesia dihajar 1-5 ketika berhadapan dengan Irak dalam FIFA World Cup 2026 Qualifiers, November 2023.

Pasukan Garuda juga takluk 1-3 kala menantang lawan yang sama di matchday pembuka grup D Piala Asia 2023, awal tahun ini. Sementara itu dalam perebutan peringkat 3 Piala Asia U-23 2024 pada 2 Mei lalu, tim Merah Putih kembali dikalahkan dengan 1-2.

Praktis duel Kualifikasi Piala Dunia 2026 awal bulan depan bakal jadi kali keempat Shin Tae-yong memimpin skuad menghadapi Irak di semua level. Pertandingan ini sekaligus jadi momen krusial sebab pasukan Garuda cuma butuh satu kemenangan untuk memastikan tiket ke putaran tiga FIFA World Cup 2026 Qualifiers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Singgung Wasit Piala Asia U-23

Pelatih Timnas Indonesia pun buka suara menanggapi prospek kemenangan anak-anak asuhnya melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 6 Juni mendatang.

Dia menilai pasukan Garuda bisa berupaya maksimal meraih hasil bagus apabila wasit juga mampu kooperatif dengan berlaku adil pada kedua tim selama pertandingan.

"Menurut pendapat saya, memang kita kalah lawan Irak di (level) senior dan U-23. Untuk yang U-23 itu, kita kalah karena ada kesalahan keputusan dari wasit," ucap STY saat sesi latihan perdana timnya di Lapangan B GBK, Senayan, Jakarta pada Selasa (28/5/2024).

"Untuk kali ini, mungkin kalau wasit bisa memihak ke kedua belah pihak dengan adil, maksudnya 50-50 ya, ya saya bisa coba untuk meraih kemenangan," pungkas pelatih asal Korea Selatan.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kamis, 6 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Irak

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 16.00 WIB

 

Selasa, 11 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Filipina

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 19.30 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.