Sukses

Shin Tae-yong Akui Belum Perpanjang Kontrak dengan Timnas Indonesia, tapi...

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku dirinya belum secara resmi meneken perpanjangan kontrak dengan PSSI usai memenuhi target di Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024, tetapi...

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku belum menandatangani perpanjangan kontrak dengan Timnas Indonesia jelang kualifikasi Piala Dunia 2026.

Seperti diketahui, masa bakti juru taktik asal Korea Selatan di Tanah Air memang segera berakhir pada Juni 2024. Dia semula didatangkan ke Indonesia pada 2019, dan diikat kesepakatan sampai pengujung 2023.

Akan tetapi, masa tinggal Shin Tae-yong ditambah 6 bulan oleh PSSI lantaran dia masih mengemban tugas memimpin tim nasional senior dan U-23 di gelaran Piala Asia 2023 serta Piala Asia U-23 2024.

Federasi sepak bola Tanah Air lantas turut membuka peluang bagi pelatih kelahiran 1970 untuk lanjut menukangi Timnas Indonesia lebih lama apabila berhasil memenuhi dua syarat, yakni tembus fase knock-out Piala Asia 2023, serta mengantar Garuda Muda melenggang ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Meski berat, misi tersebut berhasil dituntaskan dengan baik oleh Shin Tae-yong. Malahan, kinerjanya melampaui target, dengan dia sukses membawa Timnas Indonesia U-23 menjejakkan kaki hingga semifinal Piala Asia U-23 serta nyaris tembus ke Olimpiade Paris 2024.

Situasi tersebut membuat PSSI tak ragu memenuhi janji untuk menyambung kerja sama dengan eks juru taktik Taeguk Warriors. Laporan mengungkap Shin Tae-yong dihadiahi perpanjangan kontrak berdurasi 3 tahun yang berlaku hingga 2027 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengakuan Shin Tae-yong

Hanya saja, Shin Tae-yong sampai saat ini mengaku belum meneken kontrak baru bersama PSSI. Padahal, dia sudah disibukkan dengan aktivitas lain yakni memimpin pasukan Merah Putih menjamu Irak dan Filipina dalam lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Menanggapi hal ini, Shin Tae-yong meyakinkan dirinya akan tetap memperpanjang kesepakatan bersama PSSI. Mantan pelatih Korea Selatan juga meminta publik menunggu hingga proses penandatanganan kontrak barunya resmi diselesaikan.

"(Kontrak baru dengan PSSI) belum ditandatangani, tapi akan ditandatangani. Jadi tunggu saja," ucap Shin Tae-yong saat ditemui awak media dalam sesi latihan perdana Timnas Indonesai jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Lapangan B GBK, Senayan, Selasa (28/5/2024).

3 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Tinggal Butuh Satu Kemenangan

Terlepas dari persoalan kontrak, Shin Tae-yong saat ini tengah fokus menghadapi laga krusial bersama anak-anak asuhnya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dengan 2 laga kandang tersisa, pasukan Merah Putih cuma butuh satu kemenangan agar bisa mengamankan tiket menuju putaran ketiga.

Timnas Indonesia sementara ini menduduki peringkat 2 klasemen grup F dengan perolehan 7 poin dari 4 pertandingan. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan terpaut 5 angka dari Irak di puncak tabel, serta berselisih 4 poin dengan rival terdekatnya Vietnam yang menghuni urutan 3.

Adapun skuad Garuda masih punya satu agenda lagi sebelum menjamu Irak dan Filipina. Mereka berksempatan memanaskan mesin lewat laga uji coba melawan Tanzania di Stadion Madya GBK, Minggu (2/6/2024). Simak jadwal pertandingan Timnas Indonesia, baik uji coba maupun Kualifikasi Piala Dunia, pada halaman berikut.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Uji Coba dan Kualifikasi Piala Dunia 2026

Uji Coba

Minggu, 2 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Tanzania

Lokasi: Stadion Madya Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 16.00 WIB

 

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kamis, 6 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Irak

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 16.00 WIB

 

Selasa, 11 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Filipina

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 19.30 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.