Sukses

Ikut Latihan Bareng Timnas Indonesia, Calvin Verdonk Segera Jalani Sidang Komisi X dan III DPR RI

Timnas Indonesia bakal makin tangguh berkat kedatangan penggawa naturalisasi baru Calvin Verdonk. Pemain NEC Nijmegen itu segera memulai proses menjadi WNI dengan menjalani sidang Komisi X dan III DPR RI.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal makin tangguh berkat kedatangan penggawa naturalisasi baru dalam waktu dekat.

Pemain NEC Nijmegen Calvin Verdonk, yang sudah ikut dalam sesi laithan skuad Garuda pada Jumat (31/5/2024), dijadwalkan segera menjalani sidang Komisi X dan III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Senin (3/6/2024) demi bisa mendapat status WNI.

Seperti diketahui, PSSI selaku federasi sepak bola Tanah Air memang cukup gencar melakukan naturalisasi demi menambah kekuatan tim dalam beberapa waktu terakhir.

Nama-nama seperti Justin Hubner, Rafael Struick, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, hingga Jay Idzes sukses menambah warna dkuad racikan Shin Tae-yong sekaligus memotivasi perkembangan para pemain lokal.

Teranyar, Calvin Verdonk bakal menambah panjang daftar penggawa keturunan di Timnas Indonesia. Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji mengungkap bek kiri berusia 27 tahun itu akan menjalani sidang di DPR RI awal pekan depan.

"Ya (Senin sidang Komisi X dan III DPR RI)," ucap Sumardj saat ditemui awak media saat sela-sela sesi latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) pada Jumat (31/5/2024), seperti dilansir dari Antara.

"Ini sedang proses berjalan, nanti kita ikuti perkembangannya," sambung pria kelahiran 12 Februari 1972 itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Ikut Latihan ke Timnas Indonesia

Meski belum menyandang status WNI, Calvin Verdonk sudah terlihat ikut berlatih bersama Timnas Indonesia jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dia muncul di Stadion Madya GBK bersama rekan-rekan barunya pada Jumat (31/5/2024).

Sebagai catatan, Calvin Verdonk masih harus melalui beberapa tahapan lagi untuk bisa memperkuat skuad Garuda. Setelah menyelesaikan sidang di Komisi X dan Komisi III DPR RI, rekomendasi persetujuannya bakal disampaikan dalam rapat paripurna untuk diambil keputusan.

Setelah itu, Calvin baru bisa menjalani sumpah di Kementerian Hukum dan HAM. Dia kemudian perlu mengurus pembuatan identitas WNI berupa KTP dan paspor sebelum diizinkan bermain untuk Timnas Indonesia.

3 dari 3 halaman

STY Mulai Pantau Kondisi Calvin Verdonk

PSSI sendiri sejauh ini masih belum bisa memastikan nasib Calvin Verdonk di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina. Sang pemain berpotensi tak bisa dimainkan apabila proses naturalisasinya belum tuntas.

Walau begitu, Sumardji menjelaskan keikutsertaan dia dalam sesi latihan Timnas Indonesia sudah sejalan dengan permintaan pelatih Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan memang ingin memantau langsung kondisi Calvin Verdonk, terlepas dari ketersediaannya di laga awal Juni.

"Saya perlu sampaikan bahwa hari ini, Verdonk sudah ikut latihan dengan timnas. Memang itu keinginan Pak Ketum PSSI (Erick Thohir), tentu atas permintaan Shin Tae-yong, agar Verdonk bisa bergabung, dan Alhamdulillah pagi ini sudah bergabung," ungkap Sumardji, dikutip dari Antara.

"Tujuannya (Verdonk ikut latihan) supaya Coach Shin tahu kondisi dia dan dia bisa menyatu (dengan tim), sambil menunggu proses naturalisasi yang sedang dilakukan federasi," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.