Sukses

Shin Tae-yong Sempat ke Rumah Sakit Jelang Duel Timnas Indonesia vs Irak, Ada Apa?

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membenarkan dirinya sempat mengunjungi rumah sakit jelang pertandingan anak-anak asuhnya melawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sempat pergi ke rumah sakit jelang duel melawan Irak dalam lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (6/6/2024).

Juru taktik asal Korea Selatan mengaku dirinya terserang flu, sehingga harus melakukan pemeriksaan sebelum melanjutkan tugas memimpin anak-anak asuhnya di laga penting kontra Singa Mesopotamia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia saat ini sedang menghadapi momen krusial dalam misinya membidik tiket menuju putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad racikan Shin Tae-yong cuma butuh setidaknya satu kemenangan agar tembus ke ronde selanjutnya sekaligus mengamankan slot tanding di Piala Asia 2027.

Publik, khususnya fans Timnas Indonesia, tak ayal menaruh ekspektasi tinggi pada Marselino Ferdinan dan kawan-kawan di pertandingan mendatang.

Apalagi pasukan Merah Putih sedang ada dalam tren bagus usai tampil mengejutkan saat Piala Asia U-23 2024 serta mengantongi posisi 2 klasemen grup F dengan selisih 4 poin dari Vietnam di urutan 3.

Tingginya tekanan jelang laga membuat sempat beredar spekulasi mendekati kondisi kesehatan Shin Tae-yong. Hal itu diperkuat dengan kabar pelatih asal Korea Selatan dikabarkan mengunjungi rumah sakit belum lama ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Shin Tae-yong soal Kondisi Kesehatannya

Pelatih Timnas Indonesia lantas buka suara menjelaskan situasi kesehatannya. Shin Tae-yong mengaku dirinya sempat terserang flu dengan gejala berat, sehingga harus melakukan pemeriksaan ke rumah sakit.

"Hanya ada flu, tapi karena gejalanya agak parah jadi saya ke rumah sakit untuk cek," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang pertandingan melawan Irak di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).

"Memang ada agenda check-up sedikit (di rumah sakit), tetapi saya baik-baik saja sekarang," tegas pelatih yang pernah mengantar Timnas Korea Selatan tampil di Piala Dunia 2018 itu.

3 dari 4 halaman

Langkah Antisipasi dari PSSI

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga sempat buka suara perihal kabar kesehatan pelatih Timnas Indonesia jelang pertandingan melawan Irak.

Ia menilai situasi itu jadi salah satu faktor yang mendorong pihak federasi membatasi interaksi komponen tim nasional dengan penggemar, guna mencegah terjadinya hal-hal tidak diinginkan mendekati laga penting Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Iya, ini saya juga lagi tidak enak badan. Makanya saya bilang, mohon maaf kepada fans, suporter, kalau tim nasional kita diperketat (penjagaannya). Bukan tidak apresiasi kepada fans dan suporter, karena memang tim nasional kita ini harus dijaga," ucap Erick kala meninjau SUGBK sehari jelang laga melawan Irak.

"Kita ini belum punya dua kali 11 (skuad yang setara). Artinya kalau ada yang sakit, cedera, kartu kuning seperti kemarin waktu kita main away di Vietnam tipis kita (kekuatan skuadnya). Ya kita mohon maaf," pungkas dia.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kamis, 6 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Irak

Lokasi:  Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 16.00 WIB

 

Selasa, 11 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Filipina

Lokasi:  Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 19.30 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.