Sukses

5 Tim Calon Juara UEFA EURO 2024 dan Pemain Kunci, Siapa yang Punya Kans Angkat Trofi?

Semua mata penggemar sepak bola dunia tertuju pada gelaran UEFA EURO 2024 yang berlangsung di Jerman.

Liputan6.com, Jakarta Semua mata penggemar sepak bola dunia tertuju pada gelaran UEFA EURO 2024 yang berlangsung di Jerman. Sebanyak 24 tim nasional negara-negara Eropa akan berlaga di 10 kota penjuru Jerman mulai 15 Juni 2014 sampai 15 Juli 2024 (Waktu Indonesia). Mereka terbagi ke dalam enam grup yang masing-masing setiap grup berisikan empat negara.

Dua tim teratas dari masing-masing grup bersama empat tim peringkat ketiga terbaik berhak melaju ke babak 16 besar. Grup B dan D bisa dibilang sebagai grup 'neraka' karena diisi tim-tim kuat. Italia sebagai juara piala eropa 2020 bertarung dengan Spanyol, Kroasia, dan Albania di Grup B. Finalis Piala Dunia 2022, Perancis satu grup dengan Polandia, Belanda, dan Austria di Grup D. 

Apakah Italia bisa mempertahankan gelar atau malah lahir juara baru? Untuk lebih tahu peluangnya, mari menyimak 5 tim unggulan UEFA EURO 2024 dan pemain kunci setiap tim untuk meraih trofi Piala Eropa 2024.

1. Jerman

Der Panzer julukan Timnas Jerman layak menjadi calon juara UEFA EURO 2024. Statusnya sebagai tuan rumah dan dihuni para pemain bintang menjadi faktor Timnas Jerman berpeluang memenangkan gelar yang terakhir diraih tahun 1996. Komposisi pemain Timnas Jerman didominasi bintang-bintang dari Bayern Munich, Bayer Leverkusen, Borussia Dortmund, Barcelona, dan Real Madrid. 

Toni Kroos bisa menjadi salah satu pemain kunci Timnas Jerman untuk menjuarai UEFA EURO 2024. Pengalaman, keahlian passing dan mengatur tempo permainan bisa jadi kekuatan Der Panzer dan dimanfaatkan para lini serang macam Kai Havertz, Leroy Sane, dan Florian Wirtz.

2. Perancis

Status finalis Piala Dunia 2022 membuat Perancis layak menjadi calon juara UEFA EURO 2024. Tim besutan Didier Deschamps ini banyak dihuni pemain berstatus bintang dan beberapa berhasil meraih juara di level klub. Dari lini belakang sampai depan sudah sangat komplit.

Pemain baru Real Madrid, Kylian Mbappe menjadi pemain paling menonjol di skuad Les Bleus. Kontribusinya untuk mesin gol Perancis tak perlu diragukan lagi. Dengan support lini tengah yang kuat seperti Kante, Eduardo Camavinga dan Griezmann, bukan tak mungkin Mbappe bisa keluar jadi pemain terbaik gelaran ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Spanyol

Tim Matador Spanyol layak masuk daftar calon juara UEFA EURO 2024, hal ini tak lepas dari performa apik mereka sepanjang babak kualifikasi. Skuad Spanyol bermaterikan kombinasi antara pemain muda dan pemain senior ini seringkali menang dengan skor mencolok. Tahun lalu, Spanyol berhasil menjuarai UEFA Nations League 2023 setelah menang atas Kroasia lewat drama adu penalti.

Komposisi La Furia Roja sekarang terbilang unik, tidak ada penyerang yang menempati daftar top skor di liga, hanya tergolong produktif dan jadi kunci kesuksesan klub. Setidaknya ada beberapa nama yang bisa menjadi kunci atau pemain andalan Spanyol. Diantaranya Rodri, Pedri, Alvaro Morata, Joselu dan pemain muda Lamine Yamal. 

4. Inggris

Tampil impresif sepanjang kualifikasi tanpa menelan kekalahan membuat Inggris layak menjadi calon juara UEFA EURO 2024. Di ajang ini, Timnas Inggris berada di Grup C yang bisa dibilang relatif mudah. Tahun ini jadi momen tepat untuk menyudahi puasa gelar sekaligus membalas kegagalan Piala Eropa 2020 lalu yang kalah adu penalti di babak final dari Italia.

Inggris memiliki sederet pemain bintang dan uniknya sebagian besar dari mereka bermain di Liga Inggris seperti dari Manchester City, Arsenal, Liverpool, dan Chelsea menjadi andalan. Salah satu pemain bintang yang bisa menjadi kunci adalah Jude Bellingham. Bellingham baru saja menjalani musim fantastis bersama Real Madrid. Ia berperan mempersembahkan trofi Supercopa de Espana, La Liga, dan Liga Champions.

3 dari 3 halaman

5. Portugal

Portugal maju ke UEFA EURO 2024 dengan hasil menyakinkan pada babak kualifikasi. Bruno Fernandes dkk berhasil meraih 10 kemenangan menjadi juara Grup J saat kualifikasi. Di UEFA EURO 2024 ini, Portugal berada di group yang relatif ringan yakni Turki, Georgia, dan Republik Ceko. Kesempatan untuk jadi juara grup dan maju ke babak berikutnya terbuka lebar. 

Di bawah asuhan Roberto Martinez, Portugal diisi pemain-pemain muda multitalenta Antonio Silva (20), Nuno Mendes (21), Joao Neves (19), dan Francisco Conceicao (21) yang dikombinasikan dengan pemain senior seperti Pepe dan Cristiano Ronaldo. Gelaran UEFA EURO 2024 menjadi panggung internasional penting bagi Ronaldo untuk meraih trofi sebelum pensiun. Selain Ronaldo, pemain seperti Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Rafael Leao dan Francisco Conceicao bisa menjadi pemain kunci untuk meraih piala eropa 2024.

Euforia turnamen sepakbola terbesar di Eropa, UEFA EURO 2024 sudah di depan mata. Dapatkan akses untuk menonton semua pertandingan secara live streaming di Vision+. Selain pertandingan secara langsung, Vision+ juga memanjakan penggemar sepak bola dengan berbagai konten menarik seputar EURO 2024.

Pastikan berlangganan paket EURO 2024 agar tidak ketinggalan keseruan pertandingan dan melihat bintang-bintang lapangan hijau dunia di EURO 2024. Tonton keseruan UEFA EURO 2024 dengan langganan Vision+ & #BayarNoRibet pakai DANA di Google Play supaya kamu dapet diskon Rp20 ribu dan juga DANA Points.

Cara sambungkan DANA ke Google Play: 

  1.  Masuk ke profilmu di Google Play. 
  2.  Pilih Kelola Metode Pembayaran, lalu tap Tambah Metode Pembayaran. 
  3.  Pilih DANA & ikuti langkah seterusnya. 

Yuk segera download aplikasi DANA dan jadilah saksi lahirnya juara UEFA EURO 2024.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.