Sukses

Hasil Euro 2024: Dramatis, Gol Menit Akhir Albania Gagalkan Kemenangan Kroasia

Albania mencetak gol di menit akhir guna menahan imbang Kroasia 2-2 di lanjutan Euro 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Albania membuat kejutan besar di laga kedua Grup B Euro 2024. Albania mampu menahan imbang Kroasia 2-2 pada laga penuh drama yang berlangsung di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, Rabu (19/6/2024) malam WIB.

Hasil imbang ini membuat persaingan di Grup B semakin sengit. Albania dan Kroasia sama-sama mengoleksi satu poin. Sedangkan Spanyol dan Italia sudah mendapat tiga poin.

Albania kembali tampil mengejutkan di laga kedua Euro 2024 Mereka mampu unggul lebih dulu pada saat laga berjalan 11 menit Qazim Laci mencetak gol lewat sundulan seelah meneruskan umpan silang dari Jasir Asani.

Kroasia kesulitan membalas gol cepat Laci ini. Malahan beberapa kali serangan balik cepat Albania nyaris melahirkan gol kedua. Laci punya peluang mencetak brace di pertengahan babak pertama saat tembakannya melambung.

Albania seharusnya bisa menggandakan skor di menit 32 saat Kristjan Asllani berhadapan langsung dengan kiper Kroasia. Namun sepakan Asllani masih bisa dimentahkan Dominik Livakovic.

Sesaat sebelum turun minum, Albania kembali punya peluang emas. Sundulan Rey Manaj sayangnya masih tepat ke arah Livakovic. Skor 0-1 untuk Albania bertahan sampai jeda babak pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Kroasia vs Albania

Usai jeda, Kroasia melakukan beberapa perubahan. Luka Sucic dan Mario Pasalic dimasukkan untuk menambah daya gedor. Menyusul kemudian penyerang Ante Budimir juga diturunkan oleh pelatih Zlatko Dalic.

Sucic nyaris menyamakan skor di menit 50 saat tembakannya susah payah ditepis kiper Thomas Strakosha.

Namun setelah itu Kroasia masih tetap kesulitan membongkar pertahanan berlapis Albania yang menumpuk sembilan sampai 10 pemain di sekitar kotak penalti. Kroasia beberapa kali mencoba lewat umpan silang, tapi selalu bisa dimentahkan.

Usaha keras Kroasia akhirnya membuahkan hasil pada menit 74. Mendapat sodoran dari Budimic, Andrej Kramaric dengan tenang memperdaya salah satu bel Albania sebelum melepaskan tendangan menyusur tanah.

Semenit kemudian Pasalic nyaris membawa Kroasia berbalik unggul setelah lepas dari kawalan pemain Albania. Pasalic berusaha melewati kiper Thoma Strakosha dan sudah berhasil, tapi bola menyangkut di kakinya sehingga peluang terbuang percuma.

Satu menit berselang Kroasia akhirnya bisa berbalik unggul. Kemelut di kotak penalti Albania melahirkan gol bunuh diri oleh Klaus Gjasula. Sepakan Pasalic membentur pemain Albania dan mengenai kaki Gjasula yang sedang berlari sehingga bola bergulir ke gawang sendiri.

Albania nyaris menyamakan skor di menit akhir lewat Daku. Namun Livakovic bergerak cepat sehingga bisa membendung sepakan Daku.

Gjasula akhirnya jadi pahlawan Albania di masa injury time. Gjasula mencetak gol penyeimbang lewat sontekan kaki kiri setelah meneruskan umpan silang dari sayap kiri.

Kroasia sempat hampir kembali unggul di detik akhir pertandingan. Beruntung bagi Albania, sepakan Mateo Kovacic masih bisa dimentahkan Strakosha.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Kroasia vs Albania

Kroasia: Livakovic, Juranovic, Sutalo, Gvardiol, Modric, Perisic (Sosa 84'), Brozovic (Pasalic 46'), Kovacic, Majer (Sucic 46'), Kramaric (Baturina 85'), Petkovic (Budimir 69')

Albania: Strakosha, Hysaj, Djimsiti, Ajeti, Mitaj, Laci (Gjasula 72'), Ramadani (Hoxha 85'), Bajrami, Asllani, Asani (Seferi 64'), Manaj (Daku 85')

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.