Sukses

Hasil Euro 2024: Tekuk Hungaria 2-0, Jerman Tim Pertama Lolos 16 Besar

Timnas Jerman tak terhentikan langkahnya di Euro 2024 usai meraih kemenangan 2-0 atas Hungaria di laga grup A yang berlangsung di Stuttgart.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Jerman berhasil menjadi negara pertama yang lolos 16 besar Euro 2024 usai kalahkan Hungaria 2-0 di laga grup A yang berlangsung di MPH Arena, Stutgart, Rabu (19/6/2024). Dua gol Jerman dicetak oleh Jamal Musiala dan Ilkay Gundogan.

Dengan kemenangan ini, Jerman mengoleksi 6 poin di klasemen grup A Euro 2024. Der Panzer, julukan Jerman juga berhasil mencetak 7 gol dan hanya kebobolan 1 gol. Posisi Jerman sulit digeser dari 16 besar Euro 2024 lagi meski Swiss atau Skotlandia menang di dua laga berikutnya.

Jalannya Pertandingan Jerman vs Hungaria

Roland Salai nyaris saja membuat Jerman terkejut saat pertandingan beru berjalan beberapa detik. Manfaatkan salah umpan, pergerakan Salai tak berlanjut karena Manuel Neuer bisa menyapu bola.

Kai Havertz membuang peluang di menit ke-5. Mendapatkan umpan dari Joshua Kimmich, Havertz memilih menembak langsung ketimbang umpan, padahal tendangannya terlalu pelan.

Kai Havertz lewati bek Hungaria, Orban. Sempat melepas tembakan di menit ke-11, tapi tembakannya masih bisa dihalau. Jerman kurang beruntung tak unggul duluan.

Formasi 3-4-2-1 yang dipakai oleh Hungaria cukup efektif untuk meredam Jerman. Sampai menit ke-20, Jerman masih belum bisa mencetak gol meski ada beberapa peluang.

Jerman akhirnya berhasil membobol gawang Hungaria lewat Jamal Musiala di menit ke-22. Manfaatkan kesalahan, Ilkay Gundogan berhasil rebut bola dan memberi umpan pendek kepada Jamal Musiala yang langsung sambar bola sehingga membuat skor jadi 1-0.

Hungaria nyaris samakan skor lewat tendangan bebas Dominik Szoboslai di menit ke-26. Namun Manuel Neuer masih bisa menepisnya.

Kerjasama yang baik antara Kerkez dan Dominik Szoboslai. Tendangan gelandang Liverpool di menit ke-29 itu sayangnya masih membentur Jonathan Tah.

Jamal Musiala membuat fans terlunjak saat melepas tembakan di menit ke-44. Seakan jadi gol, tembakan Musiala melebar dan skor tetap bertahan 1-0.

Roland Salai sempat mencetak gol di menit ke-47 hasil umpan tendangan bebas Dominik Szoboszlai, tapi dianulir karena sudah offside.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk Jerman masih bertahan. Bisakah Hungaria beri kejutan di babak kedua laga grup A Piala Eropa 2024?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BAbak Dua Jerman vs Hungaria di Euro 2024

Rudiger sudah membuat report pertahanan Hungaria di menit ke-46. Tembakan keras namun masih membentur kaki Fiola dan cuma hasilkan tendangan sudut.

Babak dua berjalan cukup berimbang. Jerman dan Hungaria sama-sama mendapatkan peluang tapi gol belum bertambah hingga menit ke-53.

Toni Kroos membuka peluang lewat tendangan keras di menit ke-55. Tendangannya mengarah ke arah kipper Hungaria sehingga skor tetap 1-0.

Pelatih Jerman Julian Nagelsmann ingin mengubah suasana dan ketajaman. Niclas Fulkrug dan Leroy Sane pun dimasukkan untuk mengganti Kai Havertz dan Florian Wirtz di menit ke-58. Apakah bisa bawa perubahan?

Hungaria buka peluang lewat Barnabas Varga di menit ke-60. Sayang sekali, sundulannya hasil umpan Roland Salai masih melambung di atas gawang Jerman.

Jerman menambah skor jadi 2-0 lewat Ilkay Gundogan di menit ke-67. Manfaatkan umpan Tarik dari Maximilian Mittelstadt, Gundogan dengan mulus menceploskan bola ke dalam gawang Hungaria.

Joshua Kimmich mencoba beri assist kepada Niclas Fulkrug di menit ke-70. Namun umpannya tak mampu dijangkau Fulkrug karena bola melaju terlalu deras.

Hungaria tak seberbahaya di babak 1. Hingga menit ke-80, pasukan Marco Rossi nyaris tidak mendapatkan peluang berarti karena selalu bisa diredam pertahanan Jerman yang disiplin. Nicklas Fulkrug coba tambah skor di menit ke-87, tapi dia dalam posisi sulit untuk menyundul sehingga sundulannya tak terarah.

Hingga pertandingan berakhir, Jerman berhasil menjaga keunggulan 2-0 lawan Hungaria. Dengan hasil ini, Hungaria makin sulit lolos ke babak 16 besar.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Jerman vs Hungaria

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich; Antonio Rudiger, Jonathan Tah, Maximillian Mittelstadt; Robert Andrich, Toni Kroos; Jamal Musiala, Ilkay Gundogan, Florian Wirtz; Kai Havertz

Hungaria (3-4-2-1): Peter Gulacsi; Atila Fiola, Willi Orban, Marton Dardai; Bendeguz Bolla, Adam Nagy, Andras Schafer, Milos Kerkez; Roland Sallai, Dominik Szoboszlai; Barnabas Varga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.