Sukses

Valentino Rossi Kemungkinan Besar Bakal Datang ke Mandalika saat MotoGP Indonesia 2024

Valentino Rossi masih sangat populer di Indonesia meski sudah tidak lagi membalap di MotoGP.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap legendaris MotoGP Valentino Rossi masih memiliki popularitas yang tinggi di Indonesia. Terbukti pada dua kali pelaksanaan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika banyak yang memakai atribut Rossi meski sang idola sudah pensiun dan tidak turun membalap.

Bahkan pada dua perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika selalu ada stand penjualan merchandise resmi pria Italia tersebut. Merchandise Rossi ini bahkan laku keras dan bisa bersaing dengan pernak-pernik milik pembalap MotoGP yang masih aktif seperti Marc Marquez, Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia.

Sayangnya pada dua perhelatan MotoGP Indonesia, Rossi belum pernah hadir langsung di Sirkuit Mandalika. Di tahun 2024 ini, peluang Rossi datang ke Mandalika terbuka lebar. Deputy General Manager Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Mamit Hussein memperkirakan Rossi akan datang menonton di Sirkuit Mandalika.

Prediksi Mamit ini tak lain karena tim balap milik Rossi yang ikut di MotoGP 2024 memiliki sponsor utama perusahaan asal Indonesia, Pertamina Enduro. Mulai musim ini, nama tim balap Rossi bahkan berubah menjadi Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

"Kita gak bisa bilang, tapi kita kan tahu Rossi siapa sponsor utamanya sekarang. Masa sih Rossi gak mau datang ketemu fansnya di sini. Karena kan sponsor utama satu timnya ya. Pasti dia mau datang ke sini. Dan dia juga menyukai setiap Mandalika juga kan, pasti dia akan datang," kata Mamit kepada wartawan saat Media Breafing MotoGP Indonesia 2024, Jumat (21/6/2024).

MotoGP Indonesia 2024 rencananya akan berlangsung pada 27-28 September 2024. Tim balap milik Rossi akan turun di ajang tersebut dengan mengandalkan pembalap Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sajian Berbeda di MotoGP Indonesia 2024

Akan ada sajian berbeda untuk para penonton MotoGP Indonesia 2024 dibanding dua tahun awal.

Salah satu terobosan baru di MotoGP Mandalika 2024 adalah hiburan yang kali ini akan menghadirkan artis top internasional. Berbeda dengan dua balapan sebelumnya yang mana pengisi acara hiburannya merupakan artis lokal.

"Kita akan bikin event yang berbeda dengan tahun lalu. Mungkin tahun lalu ada band-band lokal kali ini ada artis internasional nanti gitu sih gitu," ujar Deputy GM MotoGP Mandalika, Mamit Hussein kepada wartawan dalam jumpa pers di Menara Danareksa, Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Sayangnya Mamit belum mau membocorkan siapa artis yang akan tampil. Pengumuman resmi akan dibuat dalam waktu dekat. "Pokoknya salah satu DJ top dunialah. Ada band-band juga," tutur Mamit.

Sebelum MotoGP Indonesia 2024 digelar, Sirkuit Mandalika juga akan menghelat balapan Asia Road Racing Championship (ARRC) pada 26-28 Juli 2024 untuk kedua kalinya.

3 dari 3 halaman

Harapan Erick Thohir

Menteri BUMN, Erick Thohir senang Sirkuit Mandalika kembali menggelar balapan motor kelas dunia di tahun 2024 ini. Menurut Erick Thohir perhelatan kelas dunia ini juga menjadi peluang besar bagi Sport Tourism di Indonesia, yang berpotensi menjadi penyumbang devisa yang signifikan bagi negara.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pertamina Mandalika International Circuit telah terbukti mampu meningkatkan Nation Branding Indonesia di tingkat internasional serta berkontribusi dalammeningkatkan nama Indonesia di mata dunia.

"Kita memiliki kesempatan untuk menarik perhatian dunia sekaligus memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan perekonomian lokal, serta mengukuhkan posisi The Mandalika sebagai “The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination”. Saya optimistis ARRC dan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP, tak hanya balapan motor, tetapi juga kesempatan emas untuk mempromosikan Indonesia, khususnya The Mandalika, sebagai destinasisportainment berkelas dunia,” ujar Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini