Sukses

Demi Selamatkan Manchester United, Sir Jim Ratcliffe Ambil Keputusan Berani

Ratcliffe harus membuat keputusan berani agar jalan Manchester United semakin lapang.

Liputan6.com, Jakarta- Investor minoritas Manchester United Sir Jim Ratcliffe dikabarkan akan segera mengambil keputusan strategis dan berani. Konglomerat Inggris tersebut terpaksa melakukannya demi membantu menyelamatkan The Red Devils.

Sir Jim Ratcliffe dilaporkan Football Insider pada pekan ini bakal menyerah pada keadaan dan menjual kepemilikannya pada klub Prancis Nice. Langkah ini diambil Ratcliffe untuk memuluskan jalan MU.

Seperti diketahui Ratcliffe sudah lebih dulu memiliki Nice sebelum membeli 27 persen saham MU pada akhir tahun 2023 lalu. Kepemilikan saham di kedua klub tersebut menimbulkan masalah. MU terkena imbas negatifnya.

Pada awal pekan ini Ratcliffe membenarkan MU tidak bisa membeli bek tengah incarannya Jean Clair Todibo dari Nice karena terganjal aturan UEFA. Todibo tak bisa pindah ke Old Trafford karena kedua klub yang terlibat dalam transfer dimiliki orang yang sama yakni Ratcliffe.

“Mereka bilang kami bisa menjualnya ke klub Premiership lain, tapi kami tidak bisa menjualnya ke Manchester United. Tetapi itu tidak adil bagi pemain," ujar Ratcliffe kepada Bloomberg.

Negosiasi MU untuk kepindahan Todibo sebenarnya sudah ditahap lebih lanjut. Sang pemain juga sudah bersedia pindah. Tapi aturan UEFA membuat kepindahan Todibo kini terganjal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ratcliffe Menyerah Miliki MU dan Nice Sekaligus

Kegagalan transfer Todibo ini semakin membuka mata Ratcliffe untuk segera membuat keputusan memilih salah satu diantara MU atau Nice. Keputusan besar harus segera dibuat Ratcliffe.

Football Insider melaporkan Ratcliffe menyerah dan kini berniat untuk segera menjual kepemilikannya di Nice. Ratcliffe kini menyadari bahwa peraturan seputar kepemilikan multi-klub akan mempersulit pergerakannya ke depan bersama MU.

Selain soal transfer Todibo, kepemilikan saham Ratcliffe di MU dan Nice juga bisa membuat salah satu klub tidak bisa bermain di kompetisi Liga Europa musim depan. Aturan UEFA melarang klub yang dimiliki orang yang sama main bersamaan di satu kompetisi.

3 dari 4 halaman

Manchester United Bisa Tak Mentas di Liga Europa

Kebetulan pada musim 2024/2025, MU dan Nice sama-sama cuma akan berlaga di Liga Europa. MU di saat akhir meraih tiket ke Liga Europa setelah menjadi juara Piala FA dengan mengalahkan manchester City.

UEFA memang belum membuat keputusan mengenai apakah Man United dan Nice bisa bermain di Liga Europa musim depan. Namun bila berkaca pada aturan yang berlaku salah satu harus tersisih dan turun ke UEFA Conference League.

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Manchester United atau MU akan melakukan transfer manager baru dan pemain, untuk memperkuat skuad-nya.

    Berita MU

  • Berita Bola

  • Sir Jim Ratcliffe

  • Nice

Video Terkini