Sukses

Hasil Euro 2024: Penyelesaian Buruk, Duel Georgia vs Ceko Berakhir Tanpa Pemenang

Duel Georgia melawan Ceko harus berakhir dengan imbang. Kedua tim pun belum bisa menang di Euro 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Duel Grup F Euro 2024 antara Georgia melawan Republik Ceko berakhir tanpa pemenang. Penyelesaian akhir yang buruk membuat kedua tim harus puas berbagi angka setelah bermain imbang 1-1 pada laga di Stadion Volkspark, Sabtu (22/6/2024) malam WIB.

Hasil imbang ini membuat Ceko dan Georgia dalam posisi sulit. Kedua tim kini cuma mengoleksi satu angka dari dua laga di Piala Eropa 2024. Grup F kini dikuasai Turki dengan tiga poin disusul Portugal yang kalah selisih gol. Kedua tim akan berduel nanti malam.

Ceko langsung menekan Georgia begitu pertandingan dimulai. Ceko nyaris unggul cepat pada menit ketiga. Kiper Georga Mamardashvilli dipaksa melakukan dua penyelamatan gemilang beruntun untuk menggagalkan Ceko memimpin.

Pada menit 23, Ceko sempat mencetak gol lewat Adam Hlozek. Pemain Bayer Leverkusen itu menyambar kembali tembakan pertamanya yang ditepis Mamardashvilli. Namun VAR membatalkan gol ini Hlozek dianggap melakukan hand ball dalam proses mencetak gol.

Georgia sendiri lebih banyak mengandalkan serangan balik cepat dengan dimotori pemain Napoli Khvicha Kvaratskhelia. Namun secara mengejutkan Georgia bisa mencuri gol lebih dulu di menit akhir babak pertama.

Kapten Guram Kashia hampir membuat gol saat mendapat bola liar hasil tendangan bebas. Berdiri bebas tinggal berhadapan dengan kiper, tembakan Kashia masih bisa ditepis Jindich Stanek.

Namun VAR kemudian menilai ada hand ball dilakukan Hranac. Setelah melihat tayangan ulang, wasit memberikan penalti untuk Georgia. Georges Mikautadze dengan dingin menunaikan tugasnya untuk membawa Georgia memimpin 1-0.

Semenit setelah gol, Ceko hampir menyamakan skor. Lagi-lagi Mamardashvili melakukan penyelamatan gemilang menepis tembakan mendatar Patrik Schick. Skor 0-1 untuk Georgia bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Georgia vs Ceko

Untuk menambah daya gedor, Ceko memasukkan Matj Jurasek dan Ondej Lingr. Keputusan ini terbukti jitu. Ceko bisa menyamakan skor di menit 58 lewat sambaran Schick dengan dadanya atas bola muntah sundulan Jurasek yang membentur tiang gawang.

Ceko nyaris berbalik unggul pada menit 78. Lingr mengancam gawang Georgia lewat tendangan jarak jauh. Lagi-lagi Mamardashvili bisa menepisnya.

Di sisa pertandingan, Ceko mati-mati menggempur pertahanan Georgia. Namun mereka kesulitan menciptakan peluang lagi. Malah karena asyik menyerang gawang Ceko nyaris bobol di detik akhir pertandingan.

Lewat serangan balik cepat, Georgia nyaris meraih kemenangan bila saja tembakan pemain pengganti Saba Lobjanidze yang sudah berdiri bebas di depan gawang tidak melambung jauh. Skor 1-1 bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Georgia vs Ceko

Georgia: G Mamardashvili, S Kverkvelia, G Kashia (c), L Dvali, O Kakabadze, A Mekvabishvili , G Kochorashvili , H Tsitaishvili, G Mikautadze , K Kvaratskhelia, Z Davitashvili

Ceko: J Stanek, T Holes, R Hranác, L Krejci, T Soucek (c), V Coufal , L Provod, P Schick, A Hlozek, V Cerny

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.