Sukses

Hasil Copa America 2024: Enner Valencia Kartu Merah, 10 Pemain Ekuador Dihajar Venezuela 1-2

Ekuador dipaksa takluk 1-2 oleh Venezuela dalam matchday perdananya di grup B Copa America 2024 yang dihelat di Levi's Stadium, Saint Clara, California pada Minggu (23/6/2024) pagi WIB.

Liputan6.com, Jakarta Ekuador dipaksa takluk 1-2 oleh Venezuela dalam matchday perdananya di grup B Copa America 2024 yang dihelat di Levi's Stadium, Saint Clara, California pada Minggu (23/6/2024) pagi WIB.

Bermain dengan 10 penggawa dan sempat unggul di babak pertama, La Tri pada akhirnya harus mengakui keunggulan lawan setelah Vinotinto balas mencetak dua gol pasca turun minum.

Menilik jalannya laga, Ekuador dan Venezuela nampak kesulitan menggempur lini pertahanan masing-masing di awal babak pertama. Tak ada gol yang mampu diciptakan hingga pertandingan berjalan lebih dari 15 menit.

La Tri mendapat kesempatan emas untuk mencetak gol lewat aksi Kendry Paez pada menit ke-19. Sayang, peluang tersebut gagal membuahkan angka pertama lantaran tembakan tajamnya masih mampu ditepis oleh Rafael Romo.

Nestapa langsung menimpa Ekuador tak lama setelahnya. Pencetak gol andalannya Enner Valencia dipaksa keluar lapangan lebih dulu menyusul adanya pelanggaran terhadap pemain lawan Jose Martinez.

Wasit semula cuma memberi kartu kuning buat pesepak bola berusia 34 tahun. Akan tetapi setelah dilakukan pengecekan VAR, keputusan berubah menjadi kartu merah.

Unggul dalam jumlah pemain, Timnas Venezuela akhirnya gantian menggempur pertahanan Ekuador pada menit 27. Sejumlah peluang mengancam tercipta, tetapi belum ada yang mampu dikonversi menjadi gol.

Darwin Machis sekali lagi membuka peluang buat Venezuela mencetak angka pertama sekitar menit 33. Dia memanfaatkan bola rebound untuk mengirim tendangan ke kubu pertahanan Ekuador. Keuntungan bagi Ekuador lantaran si kulit bundar masih melambung di atas mistar.

Kebuntuan akhirnya terpecah pada menit 40 Ekuador yang cuma berkekuatan 10 penggawa justru berhasil lebih dulu membuka keunggulan. Adalah Jeremy Sarmiento yang jadi pencetak gol pertama La Tri. Dia memanfaatkan umpan dari tendangan bebas untuk mengubah kedudukan sementara menjadi 1-0.

Venezuela coba mengejar ketertinggalan di sisa waktu babak pertama. Tambahan waktu 4 menit pun didapat saat injury time, tetapi tak ada perubahan signifikan yang terjadi. Skor 1-0 untuk keunggulan Ekuador bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Ekuador vs Venezuela

Pertandingan babak kedua berlanjut dengan upaya Venezuela menyamakan kedudukan. Pergantian pemain dibuat dan peluang sempat diperoleh pada menit 55, tetapi gagal dimaksimalkan dengan baik oleh La Vinotinto.

Ekuador kembali balas membangun serangan tak lama berselang. penggawa Chelsea Moises Caicedo nyaris mencetak gol kedua timnya pada menit 58, andai tembakannya tak berhasil diselamatkan oleh Rafael Romo.

Venezuela baru bisa memanaskan persaingan pada menit 64 Jhonder Cadiz yang baru masuk di babak kedua berhasil membawa perubahan bagi La Vinotinto setelah bola kirimannya yang mengarah ke tiang dekat gagal diantisipasi oleh Alexander Dominguez.

La Vinotinto tak butuh waktu lama untuk membalikkan keadaan di babak kedua. Baru 10 menit berselang, mereka sudah berhasil menambah torehan golnya.

Berawal dari umpan jauh, Salomon Rondon coba meneruskannya dengan header, tetapi mampu diselamatkan kiper Ekuador. Setelahnya Eduard Bello tak menyia-nyiakan bola yang ada di dekatnya untuk melepas tendangan, yang pada akhirnya gagal ditepis oleh Dominguez. Skor sementara berbalik menjadi 1-2.

Ekuador tak kuasa memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk mencetak angka penyeimbang. Tambahan waktu 5 menit di masa injury time gagal dimanfaatkan, sehingga pertandingan berakhir dengan 1-2 untuk keunggulan Venezuela.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Ekuador vs Venezuela

Ekuador: Alexander Dominguez; Angelo Preciado, Felix Torres, Willian Pacho, Piero Hincapie; Alan Franco, Moises Caicedo; John Yeboah, Kendry Paez, Jeremy Sarmiento; Enner Valencia

Venezuela: Rafael Romo; Miguel Navarro, Yordan Osorio, Nahuel Ferraresi, Alexander Gonzalez; Yangel Herrera, Jose Martinez; Yeferson Soteldo, Cristian Casseres Jr., Darwin Machis; Salomon Rondon

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.