Sukses

Hasil Copa America 2024: Gol Jamaika Dianulir, Meksiko Petik Kemenangan Perdana di Grup B

Meksiko berhasil memetik kemenangan perdana mereka di fase grup B Copa America 2024 usai unggul 1-0 atas Jamaika dalam laga yang berlangsung di NRG Stadium pada Minggu (23/6/2024).

Liputan6.com, Jakarta Meksiko berhasil memetik kemenangan perdana mereka di fase grup B Copa America 2024 usai unggul 1-0 atas Jamaika dalam laga yang berlangsung di NRG Stadium pada Minggu (23/6/2024).

Raggae Boyz sejatinya sempat mengoyak gawang El Tri lewat aksi Michail Antonio di awal babak kedua. Akan tetapi gol tersebut dianulir VAR lantaran sudah berada pada posisi offside, sedangkan Gerardo Arteaga akhirnya sebagai bintang kemenangan yang mencetak angka semata wayang pada menit 69.

Menilik jalannya laga, Meksiko dan Jamaika sempat kesulitan mencari celah untuk membongkar pertahanan masing-masing di awal babak pertama. Tak ada gol yang mampu diciptakan kedua tim hingga pertandingan berjalan lebih dari 10 menit.

El Tri lantas mendapat peluang emas sekitar menit 12 lewat aksi Orbelin Pineda. Pesepak bola berusia 28 tahun melepas tendangan berbahaya ke area pertahanan Jamaika, tetapi langsung ditepis bek Dexter Lembikisa, diikuti gerakan membuang bola oleh rekannya Ethan Pinnock.

Jamaika coba balas menebar ancaman lewat situasi bola mati pada menit 20. Shamar Nicholson melakukan header yang memanfaatkan tendangan bebas Bobby De Cordova-Reid, tetapi bola masih melebar dari tiang gawang Meksiko

Reggae Boyz coba memberikan gempuran bertubi-tubi memasuki 10 menit akhir babak pertama waktu normal. Akan tetapi, belum ada satu pun peluang yang berhasil dikonversi menjadi angka.

Meksiko baru balas memberi ancaman pada menit 43. Kali ini giliran bek tengah Cesar Montes yang mencoba peruntungan dengan mengirim tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti, tetapi bola masih melambung di atas mistar.

Luis Romo lanjut menciptakan bahaya di area pertahanan Jamaika saat injury time. Keuntungan bagi Raggae Boyz lantaran si kulit bundar yang dikirim lagi-lagi melebar. Tak ada perubahan signifikan yang terjadi di sisa babak pertama. Skor imbang tanpa gol bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Meksiko vs Jamaika

Jamaika nyaris membuat kejutan di awal babak kedua. Mereka sempat memimpin lebih dulu lewat gol yang tercipta dari header Michail Antonio yang memanfaatkan umpan Dexter Lembikisa pada menit 50.

Malang selebrasi tersebut langsung dipatahkan dalam waktu singkat. Wasit memutuskan gol Raggae Boyz harus dianulir setelah VAR menyatakan pemain Jamaika sudah berada dalam posisi offside.

Meksiko balas memberi serangan bertubi-tubi setelahnya. Julian Quinones memperoleh kesempatan untuk memecah kebuntuan pada menit 60, andai tendangan kaki kanannya dari dalam kotak penalti tak melayang di atas mistar gawang.

Santiago Gimenez lanjut mengais peluang untuk mencetak angka pertama. Dia melepaskan bola ke jaring Jamaika, tetapi Jahmali Waite begitu sigap menepis si kulit bundar.

El Tri kembali membuang kesempatan terbaik pada menit 69. Beruntung hal itu langsung dibayar lunas dalam waktu singkat, dengan Gerardo Arteaga berhasil memecah kebuntuan timnya lewat tembakan kaki kiri dari tepi kotak penalti yang akhirnya menaklukkan Jahmali Waite.

Meksiko yang sudah unggul satu gol makin percaya diri menggempur Jamaika mendekati akhir waktu normal babak kedua. Di sisi lain, Raggae Boyz nampak kesulitan menemukan celah untuk menyamakan kedudukan. Lembikisa sempat menghadirkan lewat tembakannya di masa injury time, tetapi si kulit bundar masih mampu diamankan Gonzalez.

Tak ada gol tambahan yang tercipta di sisa babak pertama duel Meksiko vs Jamaika. Skor 1-0 untuk keunggulan anak-anak asuh Jaime Lozano bertahan sampai wasit meniupkan peluit panjang.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Meksiko vs Jamaika

Meksiko: Julio Jose Gonzalez; Jorge Sanchez, Cesar Montes, Johan Vasquez, Gerardo Arteaga; Edson Alvarez, Luis Chavez; Uriel Antuna, Orbelin Pineda, Julian Quinones; Santiago Gimenez

Jamaika: Jahmali Waite; Ethan Pinnock, Joel Latibeaudiere, Di'Shon Bernard; Greg Leigh, Kasey Palmer, Bobby De Cordova-Reid, Dexter Lembikisa; Demarai Gray, Shamar Nicholson; Michail Antonio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.