Sukses

Hasil Copa America 2024: Ekuador Jaga Peluang Lolos ke Perempat Final Usai Kalahkan Jamaika

Ekuador untuk sementara memimpin klasemen grup B Copa America 2024 dan membuka peluang lolos ke perempat final setelah menaklukkan Jamaika di Allegiant Stadium.

Liputan6.com, Jakarta Ekuador memetik kemenangan perdana di Copa America 2024 usai mengalahkan Jamaika 3-1 pada matchday kedua grup B di Allegiant Stadium, Kamis (22/6/2024).

Tiga gol kemenangan Ekuador dicetak Kendry Paez dan Piero Hincapie serta Alan Minda. Jamika hanya mampu membalas satu gol melalui tendangan kaki Antonio.

Hasil ini menempatkan Ekuador di posisi 3 klasemen sementara Grup B. Meski sama-sama meraih tiga poin, posisi mereka berada dibawah Venezuela dan Meksiko.

Ekuador lebih mendominasi permainan di awal pertandingan. Mereka lebih agresif menekan pertahanan Jamaika dan memaksa lawannya banyak bertahan di lini belakang.

Hingga akhirnya pada menit 13 Ekuador sudah membuka keunggulan. Berawal dari serangan di sisi kanan, bola melengkung tendangan Piero Hincapie dari jarak jauh gagal dijangkau kiper Waite.

Ketinggalan satu gol Jamika mulai melepaskan diri dari tekanan Ekuador. Serangan mereka mulai mengancam gawang Ekuador, di antaranya melalui kaki Lembikisa dan Cordova Reid. Pertandingan berjalan makin sengit saat Ekuador juga balik menyerang lawannya. Pemain Jamaika juga terpaksa harus mewaspadai serangan balik cepat.

Saat laga memasuki menit 42, bola tandukan Torres menyentuh tangan pemain Jamika Leigh. Setelah meninjau layar VAR, wasit memutuskan tendangan penalti untuk Ekuador.

Kendry Paez yang dipercaya sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Skor 2-0 untuk keunggulan Ekuador atas Jamaika bertahan hingga babak pertama usai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gol Alan Minda di Babak Kedua Pertegas Kemenangan Ekuador

Jamaika dan Ekuador kembali bermain terbuka dan saling serang sejak awal laga. Skuad asuhan Heimir Hallgrimsson berusaha mengejar ketinggalan dua gol

Usaha keras Jamaika akhirnya membuahkan hasil pada menit 54. Gol bermula dari kemelut di depan gawang, bola yang mengarah pada Antonio dan meneruskannya ke gawang Ekuador.

Pemain Jamaika semakin bersemangat mencari gol tambahan. Sebaliknya, Ekuador juga berusaha memberikan perlawanan untuk menambah lagi keunggulan.

Peluang pertama didapat Jamika menit 66 lewat Nicholson, tapi gagal menendang dengan sempurna bola yang sudah berada di depan gawang Ekuador.

Gantian Ekuador nyaris menambah keunggulan melalui sepakan Kevin Rodriguez. Namun, tendangan kerasnya dari sisi kotak penalti masih melebar di sisi gawang.

Memasuki menit-menit akhir pertandingan, Ekuador lebih sering menggedor lini belakang lawannya. Sampai akhirnya mereka berhasil mencetak gol ketiga melalui Alan Minda lewat serangan balik sebelum mengecoh kiper Jamaika. Skor 3-1 bertahan hingga usai pertandingan.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Ekuador (4-2-3-1): Alexander Dominguez; Angelo Preciado, Willian Pacho, Felix Torres, Piero Hincapie; Carlos Gruezo, Moises Caicedo; Alan Minda, Kendry Paez, Jeremy Sarmiento; Kevin Rodriguez.

Pelatih: Falix Sanchez Bas.

Jamaika (3-4-2-1): J. Waite; D. Bernard, J. Latibeuadiere, E. Pinnock; D. Lembikisa, Decordova-Reid, Anderson, Leigh; Nicholson, Gray; Antonio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.