Sukses

16 Besar Euro 2024: Kevin De Bruyne Berharap Suporter Belgia Beri Dukungan Melawan Prancis

Kevin De Bruyne meminta para pendukung Belgia yang marah untuk tetap mendukung tim setelah pertandingan Grup E melawan Ukraina yang berakhir imbang 0-0, Rabu (26/6/2024) dini hari WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Kevin De Bruyne meminta para pendukung Belgia yang marah untuk tetap mendukung tim setelah pertandingan Grup E melawan Ukraina yang berakhir imbang 0-0, Rabu (26/6/2024) dini hari WIB.

Gelandang bintang Belgia ini sebelumnya mengajak rekan satu tim untuk meninggalkan lapangan menyusul cemoohan yang tak henti-hentinya dari para pendukung sendiri selepas pertandingan.

Meski hasil imbang tanpa gol ini sudah cukup untuk memastikan Belgia lolos ke babak 16 besar Euro 2024, di mana mereka akan menghadapi Prancis, reaksi dari para pendukung tidak bisa diabaikan. Sebaliknya, Ukraina menjadi tim pertama yang tersingkir dari Kejuaraan Eropa meski memiliki empat poin.

Di menit-menit akhir pertandingan, timnas Belgia memilih bermain aman untuk memastikan hasil imbang daripada mengejar kemenangan yang bisa mengamankan posisi teratas. Taktik ini memicu reaksi marah dari para pendukung, yang mengekspresikan ketidakpuasan mereka dengan mencemooh para pemain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seruan De Bruyne untuk Suporter di Euro 2024

De Bruyne, yang mendekati tribun pendukung Belgia, berbalik dan menginstruksikan rekan-rekannya untuk meninggalkan lapangan saat ejekan semakin keras. “Kami mencoba memenangkan pertandingan,” kata De Bruyne dalam konferensi pers. “Kami memiliki peluang untuk mencetak gol, namun kami tidak mengambil risiko dengan sepak pojok karena tahu mungkin akan kebobolan."

Dia menekankan pentingnya dukungan dari para penggemar untuk pertandingan melawan Prancis. "Kami membutuhkan suporter. Kami membutuhkan mereka saat melawan Prancis. Itu saja yang ingin saya katakan,"

Pelatih Belgia Domenico Tedesco juga menyuarakan perasaan yang sama dengan De Bruyne. Dia mengatakan bahwa para pemain berusaha keras untuk memenangkan pertandingan di tahap akhir. “Tentu saja kami sedikit terkejut dengan ejekan tersebut. Kami ingin lolos dan kami telah lolos," katanya.

Ketimbang menyoroti permainan tim, Tedesco memilih mengkritik panitia dalam mengatur perjalanan menuju stadion. “Keadaan saat kami tiba di sini, bagaimana kami tiba di stadion ini, saya belum pernah melihatnya sebelumnya. Butuh waktu satu jam dengan pengawalan polisi," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Kebanggaan Terhadap Tim

Meskipun banyak rintangan, Tedesco menyatakan kebanggaannya terhadap timnya usai melewati fase grup Euro 2024.

“Kami tidak terlalu beruntung di pertandingan pertama. Banyak hal berpengaruh, tapi kami masih lolos. Itu sebabnya saya sangat bangga dengan para pemain," kata Tedesco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini