Sukses

Hasil Drawing Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia Ditunggu Jepang dan Australia

Timnas Indonesia akhirnya resmi mengetahui lawan-lawannya di putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang bergulir mulai September mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akhirnya resmi mengetahui lawan-lawannya di putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang bergulir mulai September mendatang.

Kepastian ini diperoleh setelah sesi drawing untuk menentukan pembagian grup dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis (27/6/2024) pukul 14.00 WIB, dengan dipandu reporter olahraga Colette Wong serta dipimpin oleh Chief Tournament Officer Piala Dunia 2026 Amerika Serikat, Manolo Zubiria.

Hasilnya, pasukan Garuda harus berduel dengan lawan-lawan berat demi berburu tiket ke putaran final. Timnas Indonesia bakal bersaing di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Seperti diketahui, skuad Garuda sebelumnya tampil cukup cemerlang dalam ronde 2 FIFA World Cup 2026 Qualifiers. Skuad racikan Shin Tae-yong sempat kesulitan di laga-laga awal, tetapi berhasil mengamankan tiket putaran selanjutnya setelah finis sebagai urutan 2 klasemen grup F.

Timnas Indonesia mengumpulkan total 10 poin dari 6 pertandingan, dengan rincian 3 kemenangan, 1 hasil imbang, dan 2 kekalahan. Mereka unggul 4 angka dibanding rival sengitnya Vietnam di peringkat 3, serta terpaut 8 poin dari Irak yang berhasil menyapu bersih seluruh kemenangan dan menempati puncak klasemen.

Hasil itu sekaligus mengantar pasukan Merah Putih otomatis lolos ke putaran final Piala Asia 2027. Skuad Garuda pun satu langkah lebih dekat dengan kompetisi sepak bola terakbar dunia, di mana aturan terbaru memungkinkan Asia memiliki 8+1 wakil dalam FIFA World Cup 2026 mendatang.

Sekadar informasi, Indonesia sebelumnya masuk dalam pot 6 untuk pengundian putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Seluruh peserta selanjutnya dibagi ke dalam 3 grup yang masing-masing terdiri atas 6 tim, dengan dua peringkat teratas bisa langsung tembus ke putaran final kompetisi.

Adapun tim urutan 3 dan 4 nantinya masih berkesempatan memperebutkan tiket Piala Dunia 2026 dengan berpartisipasi lagi dalam putaran keempat kualifikasi. Sebanyak 2 tim juara grup di putaran empat akan diambil untuk mendampingi 6 negara sebelumnya. Sementara itu, 1 sisanya bakal dikirim mengikuti play-off antarbenua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembagian Pot Undian Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Pot 1: Jepang, Iran, Korea Selatan

Pot 2: Australia, Qatar, Irak

Pot 3: Arab Saudi, Uzbekistan, Yordania

Pot 4: Uni Emirat Arab, Oman, Bahrain

Pot 5: China, Palestina, Kirgizstan

Pot 6: Korea Utara, Indonesia, Kuwait

3 dari 3 halaman

Hasil Lengkap Drawing Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Grup A: Iran, Qatar, Uzbekistan, Uni Emirat Arab, Kirgizstan, Korea Utara

Grup B: Korea Selatan, Irak, Yordania, Oman, Palestina, Kuwait

Grup C: Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, China, Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.