Sukses

Liga Esports Nasional 2024 Pakai Promosi-Degrdasi, eFootball Ikut Dipertandingkan

Liga Esports Nasional 2024 akan bergulir lagi dengan beberapa penambahan yang akan membuatnya semakin menarik.

Liputan6.com, Jakarta- Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) kembali mengeglar Liga Esports Nasional. Memasuki musim kedua, banyak perubahan yang diterapkan. Jumlah game yang dipertandingan juga bertambah ketimbang tahun 2023 lalu.

Liga Esports Nasional 2024 masih tetap mempertandingankan Mobile Legends Bang-Bang sebagai game utama. Namun akan ada beberapa game lain yang masuk dalam kategori game ekshibisi termasuk game lokal buatan anak bangsa.

Chief Operating Officer Garudaku Ricky Setiawan, yang menjadi operator resmi Liga Esports Nasional, mengungkapkan dua game lokal yang akan dipertandingkan adalah Battle of Guardians dan Wardeka Battleground.

Dua game lain yang juga masuk dalam ekshibisi di Liga Esports Nasional 2024 adalah game sepak bola eFootball dan pertarungan Tekken 8.

"Mobile Legend dipertandingkan menjadi main title karena menurut data, game ini penyebarannya luas dan pemainnya banyak, ini wadah awal talenta berbakat di Indonesia," kata Ricky.

"Game-game tersebut mengikuti persyaratan teknis di PB ESI. Game yang sudah masuk tier 1 berdasarkan regulasi, kecuali game lokal kita pemerintah punya keberpihakan dengan game lokal memasukkan ke ekshibisi berharap ke depannya game lokal bisa bekerja sama dengan publisher."

Jumlah hadiah di edisi kedua Liga Esports Nasional juga meningkat. Total prize pool mencapai Rp3,2 miliar dari sebelumnya Rp3 miliar. Sistem promosi-degradasi juga akan diterapkan di Liga Esports Nasional 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Format Mirip Sepak Bola

Untuk diketahui Liga Esports Nasional 2024 diselenggarakan terstruktur dimulai dengan Liga 3, Liga 2, dan Liga 1, kemudian ditutup dengan Playoff.

Jika edisi sebelumnya Liga Esports Nasional belum memberlakukan sistem promosi degradasi, tahun ini enam tim terbaik di Liga 3 masing-masing dua tim dari jalur terbuka, pro dan wildcard akan dipromosikan ke Liga 2.

Di Liga 2, dua tim terbaik akan dipromosikan ke Liga 1, sementara empat tim terbawah akan terdegradasi. Pada tier teratas Liga 1 enam tim terbaik akan bertanding di Playoff untuk memperebutkan gelar juara, sementara empat tim terbawah akan terdegradasi ke Liga 2.

3 dari 3 halaman

Kali Ini Cuma di Jakarta

Liga Esports Nasional 2024 juga hanya akan digelar di satu kota yakni Jakarta. Lokasi yang dipilih adalah Mall Taman Anggrek.

"Kami fokus ke game yang dipertandingkan. Challenge logistik memindahkan atlet ke lima kota cukup besar. Dari sisi akomodasi dan pemindahan alat cukup challenging tapi dari sisi game bertambah,” sambung Ricky.

"Kami ingin mengcover lebih banyak game. Goal-nya adalah agar semakin banyak atlet yang bertanding di Liga Esports Nasional."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini