Sukses

Jadwal Timnas Indonesia di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Timnas Indonesia mengetahui lawan pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menyusul undian yang berlangsung Kamis (27/6/2024). Pasukan Shin Tae-yong masuk Grup C bersama para raksasa yakni Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia mengetahui lawan pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menyusul undian yang berlangsung Kamis (27/6/2024). Pasukan Shin Tae-yong masuk Grup C bersama para raksasa yakni Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Putaran ketiga menggunakan sistem kompetisi penuh dengan laga kandang-tandang. Pertandingan berlangsung pada September, Oktober, dan November 2024, serta Maret dan Juni 2025.

Timnas Indonesia akan memulai perjalanannya dengan melawat ke markas Arab Saudi pada 5 September. Tim Garuda lalu menjamu Australia di Surabaya.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tidak akan bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno karena lokasi bakal digunakan untuk menyambut tamu negara Sri Paus.

Pemimpin tertinggi umat katolik dunia Paus Fransiskus dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada 3 September 2024 sehingga pemerintah melakukan berbagai persiapan untuk mendukung agenda kunjungan tersebut.

"Kita (Timnas Indonesia) tidak main di GBK (Stadion Utama Gelora Bung Karno) karena ada kedatangan tamu negara Sri Paus," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Jadi ini jangan menjadi polemik, karena yang berkunjung ini tamu negara, tokoh dunia ya kita harus mengerti, jadi kita (Timnas Indonesia) bermain di Surabaya," imbuhnya.

Simak jadwal timnas Indonesia selengkapnya pada ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di halaman berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

5 September 2024: Arab Saudi vs Indonesia

10 September 2024: Indonesia vs Australia

10 Oktober 2024: Bahrain vs Indonesia

15 Oktober 2024: China vs Indonesia

14 November 2024: Indonesia vs Jepang

19 November 2024: Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025: Australia vs Indonesia

25 Maret 2025: Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025: Indonesia vs China

10 Juni 2025: Jepang vs Indonesia

3 dari 3 halaman

Kesempatan Lolos ke Piala Dunia 2026

Putaran ketiga kualifikasi zona Asia memberi kesempatan bagi Timnas Indonesia merebut tiket Piala Dunia 2026. Syaratnya, timnas harus menduduki posisi dua teratas klasemen.

Jika gagal, jalan Indonesia menuju Piala Dunia 2026 belum tertutup. Penghuni urutan tiga dan empat grup masih berpeluang memburu tempat dengan melangkah ke ronde keempat kualifikasi.

Di sini enam tim yang berjuang dibagi menjadi dua grup. Mereka saling sikut dengan hanya pemenang grup yang lolos ke turnamen utama.

Kalau kembali tidak bisa melakukannya, timnas Indonesia masih punya peluang lolos ke Piala Dunia 2026. Syaratnya adalah dengan menjadi runner-up grup. Kalau menduduki posisi tersebut, timnas bakal menghadapi peringkat dua grup lainnya. Pemenang lalu melaju ke play-off antarkonfederasi alias putaran kelima.

Wakil Asia akan berseteru melawan negara Afrika, Amerika Selatan, Oceania, serta dua dari Amerika Utara. Keenam tim itu disusun berdasar peringkat FIFA terbaru, dengan empat penghuni urutan terbawah melakoni laga eliminasi hingga menjadi dua.

Keempat tim tersisa kemudian bertarung memperebutkan tempat terakhir di Piala Dunia 2026.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini