Sukses

Euro 2024: UEFA Sudah Ambil Keputusan Tegas pada Wasit Kontroversial yang Gagalkan Gol Belanda

UEFA telah menilai keputusan wasit Anthony Taylor dan assiten Stuart Attwell Taylor pada pertandingan Belanda kontra Prancis di laga Grup D Euro 2024 pada 22 Juni 2024 lalu.

Liputan6.com, Jakarta Wasit Anthony Taylor dan assiten Stuart Attwell mendapat sorotan dan kritikan tajam terkait keputusannya saat memimpin laga Belanda melawan Prancis di pertandingan Grup D Euro 2024 pada 22 Juni lalu.

Ketika itu Taylor dan Attwell setelah Belanda secara kontroversial menggagalkan gol Belanda ke gawang Prancis. Wasit menganulir gol Xavi Simons hingga pertandingan berakhir imbang.

Prancis mendominasi jalannya pertandingan pada pertandingan putaran kedua itu, tapi gagal mencetak gol dalam 14 tembakan – tembakan terbanyak mereka tanpa mencetak gol di turnamen besar sejak kekalahan di final Euro 2016 dari Portugal.

Belanda akhirnya bisa memecahkan kebuntuan ketika Simons melepaskan tembakan mendatar dari tepi kotak penalti melewati Mike Maignan. Namun, setelah pemeriksaan VAR yang panjang, gol tersebut dianulir karena Denzel Dumfries dinilai berada dalam posisi offside.

Keputusan tersebut menimbulkan banyak kontroversi hingga akhirnya menjadi perhatian UEFA. Sekadar catatan, sebelumnya beberapa wasit telah dipecat akibat keputusan yang dibuat di turnamen tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

UEFA Tetap Buka Peluang untuk Perbaikan

Dan, sekarang UEFA telah menilai keputusan Taylor dan Attwell. Namun, mereka menyatakan bahwa keputusan yang diambil adalah sepenuhnya benar.

“Komite wasit UEFA sepenuhnya mendukung keputusan tersebut,” kata Roberto Rosetti yang merupakan ketua wasit UEFA.

Sejumlah pihak memperhatikan bahwa sebagian besar pembahasan keputusan VAR diselesaikan dengan cepat, namun pemeriksaan khusus ini lebih lama dari biasanya.

Rosetti mengakui masih ada ruang untuk perbaikan untuk mengambil keputusan yang tepat. Namun, ia mengakui bahwa keputusan tersebut tidaklah mudah. “Kami pikir keputusan itu tepat dan kami juga senang dengan prosesnya.

3 dari 4 halaman

Keputusan UEFA Didukung Akurasi yang Tepat

“Selalu ada elemen untuk perbaikan. Dalam situasi ini, elemen perbaikannya adalah durasi peninjauan ini. Yang pasti durasinya bisa lebih singkat, durasi reviewnya bisa kita kurangi (tapi) mau saya kasih tahu, itu tidak mudah.

“Dalam situasi ini VAR memeriksa dua kemungkinan offside, dia harus memeriksa kemungkinan dampak penyerang terhadap kiper dan kontak sebelumnya antara dua pemain lainnya.

“Kemudian kita bisa menambahkan bahwa kita di Euro, tekanan adalah tekanan, dan tentunya akurasi selalu kita dukung. Pada akhirnya, keputusannya benar-benar tepat.”

4 dari 4 halaman

Kepemimpinan Atwell Pernah Jadi Sorotan di Liga Inggris

Atwell pernah menjadi sorotan di Liga Premier musim lalu setelah Nottingham Forest mengecamnya di media sosial setelah kalah dari Everton. Mereka merasa sejumlah keputusan merugikan mereka.

Tapi, Rosetti malah memberikan pujian khusus kepada wasit tersebut. “Ketika Stuart berbicara, itu seperti buku VAR dalam sepakbola modern dan penerapan VAR. “Semuanya jelas.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.