Sukses

Hasil Copa America 2024: Hajar Kosta Rika 3-0, Kolombia Selangkah Lagi ke Perempat Final

Timnas Kolombia makin dekat dengan perempat final Copa America 2024 usai berhasil menaklukkan Kosta Rika dengan keunggulan telak 3-0 dalam matchday kedua Grup D yang digelar di State Farm Stadium pada Sabtu (29/6/2024) pagi WIB.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Kolombia makin dekat dengan perempat final Copa America 2024 usai berhasil menaklukkan Kosta Rika dalam matchday kedua Grup D yang digelar di State Farm Stadium pada Sabtu (29/6/2024) pagi WIB.

Los Cafeteros unggul 3-0 berkat penalti Luis Diaz serta aksi Davinson Sanchez dan Jhon Cordoba, yang mengantar mereka berhak menduduki puncak klasemen sementara dengan perolehan 6 poin dari 2 pertandingan.

Adapun Kosta Rika harus rela bertengger di urutan 3 lantaran gagal meraup poin dalam duel melawan Kolombia. Los Ticos sejauh ini baru mengoleksi 1 angka menyusul hasil imbang yang diterimanya kala menghadapi Brasil di matchday pembuka beberapa waktu lalu.

Menilik jalannya laga, kedua tim buntu di awal babak pertama. Kolombia tampil lebih dominan dan sempat mendapat beberapa peluang, termasuk lewat situasi bola mati, tetapi tidak ada satu pun yang berbuah gol.

Los Cafeteros baru bisa mencetak angka setelah VAR memutuskan ada hadiah tendangan penalti pada menit 28. Bintang Liverpool Luis Diaz dipercaya jadi eksekutor untuk menjebol gawang Kosta Rika di menit 31.

Ancaman terus diberikan Kolombia setelah unggul satu gol atas lawannya. Pada menit 33 peluang kembali didapat lewat skenario sepak pojok. Akan tetapi, finishing Davinson Sanchez masih kurang sempurna, dengan bola melambung di atas mistar.

Kondisi serupa juga terjadi pada menit 37. Berawal dari tendangan bebas, Luis Diaz coba membuka peluang dengan mengirim umpan dari tiang jauh. Malang, bola lagi-lagi gagal disambut oleh Sanchez yang sejatinya sudah bersiaga di sisi gawang lainnya.

Kosta Rika coba mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada. Namun, mereka tak kunjung mampu menjebol pertahanan Los Cafeteros meski telah diberi tambahan durasi injury time dua menit.

Di sisi lain, Kolombia juga belum berhasil menambah koleksi gol pada pengujung babak pertama. Skor 1-0 untuk keunggulan Luis Diaz dan kawan-kawan bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Kolombia vs Kosta Rika di Copa America 2024

Kolombia lanjut menembar ancaman di babak kedua. Luis Diaz mendapat kesempatan menggandakan gol pada menit 52, tetapi upayanya masih berhasil diblok oleh penggawa Kosta Rika.

Gawang Los Ticos baru berhasil dijebol lagi pada menit 59 Berawal dari sepak pojok Jhon, Davinson Sanchez mengirim bola lewat header ke sisi kiri gawang Patrick Sequeira. Upayanya kal ini membuahkan hasil. Gol tercipta, sehingga mengantar Kolombia unggul 2-0.

Los Cafeteros pun tak butuh waktu lama untuk makin mengukuhkan dominasinya atas Kosta Rika. Baru tiga menit berselang, mereka melakukan transisi berbahaya yang langsung diakhiri dengan shooting Jhon Cordoba ke sudut kanan gawang Los Ticos.

Sequeira lagi-lagi tak mampu berbuat banyak untuk menyelamatkan gawang timnya. Skor kembali berubah menjadi 3-0, yang membuat Kolombia di atas angin dalam laga melawan Kosta Rika.

Yaser Asprilla berpeluang kembali menambah koleksi gol Kolombia di menit 76. Keuntungan bagi Kosta Rika lantaran finishing-nya masih melebar dari tiang.

Tak ada gol baru yang tercipta di sisa waktu babak kedua laga Kolombia vs Kosta Rika. Pertandingan berakhir dengan 3-0 untuk keunggulan Los Cafeteros, yang membawa mereka dominan di puncak klasemen grup D.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Kolombia vs Kosta Rika di Copa America 2024

Kolombia: Camilo Vargas; Daniel Munoz, Davinson Sanchez, Carlos Cuesta, Johan Mojica; Richard Rios, Jefferson Lerma, Jhon Arias; James Rodriguez, Jhon Cordoba, Luis Diaz.

Kosta Rika: Patrick Sequeira; Francisco Calvo, Juan Pablo Vargas, Jeyland Mitchell; Ariel Lassiter, Brandon Aguilera, Orlando Galo, Haxzel Quiros; Warren Madrigal, Alvaro Zamora; Manfred Ugalde.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.