Sukses

Hasil Euro 2024: Sikat Juara Bertahan Italia 2-0, Swiss Melaju Mulus ke Perempat Final

Swiss berhasil mengalahkan Italia 2-0 pada laga 16 besar Euro 2024 yang berlangsung di stadion Olympia lewat gol Ruben Vargas dan Remo Freuler. Swiss menunggu lawan antara Inggris atau Slovakia di laga perempat final.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Swiss berhasil menjadi tim pertama yang lolos perempat final Euro 2024 usai menang 2-0 atas Italia pada laga yang berlangsung di stadion Olympia, Sabtu (29/6/2024). Dua gol dari Swiss dicetak oleh Remo Freuler dan Ruben Vargas.

Hasil ini membuat Swiss tinggal menunggu lawan. Negara dengan jersey Utama merah ini bakal bertemu pemenang antara Inggris melawan Slovakia pada laga perempat final Euro 2024.

Jalannya Pertandingan

Italia cukup tertekan di dua menit pertama. Satu tendangan sudut berhasil didapatkan Swiss tapi belum berbuah gol.

Italia banyak melakukan pergantian pemain seperti masuknya Gianluca Mancini di posisi bek dan Stephane El Sharaawy di posisi depan.

Swiss dan Italia utamanya bermain dalam tempo sedang. Belum banyak peluang tercipta sampai menit ke-10. Xhaka mencoba buka peluang di menit ke-12 lewat umpan terobosan.

Namun Dan Ndoye gagal menahan bola dengan baik. Satu peluang Swiss pun terbuang dan belum berhasil menjadi gol.

Italia membuka peluang lewat Cristante di menit ke-16. Mencoba lepas umpan Tarik, tapi tendangannya diblok Rodriguez sehingga hanya menghasilkan corner.

Breel Embolo mendapatkan peluang emas di menit ke-24. Sudah satu lawan satu dengan Donnarumma, tendangannya masih isa diselamatkan kipper PSG itu sehingga skor tetap 0-0.

Federico Chiesa juga membahayakan pertahanan Swiss di menit ke-26. Menyerang dari kiri tak seperti biasanya, setelah meliuk-liuk, dia melepas tembakan yang masih bisa diblok Akanji.

Sampai menit ke-35, Italia tak sekalipun melepas tembakan ke arah gawang Swiss. Sedangkan Swiss lepas 8 kali tembakan. Skor 0-0 hanya karena pertahanan Italia disiplin dan rapat, plus serangan Swiss belum maksimal.

Swiss akhirnya mengubah skor jadi 1-0 lewat gol dari Remo Freuler di menit ke-37. Manfaatkan umpan Ruben Vargas, Freuler sukses menaklukkan Donnarumma lewat tendangan kerasnya.

Hingga babak pertama berakhir, Swiss tetap unggul 1-0 atas Italia pada laga 16 besar Euro 2024. Bisakah Gli Azzurri membalas di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Dua Swiss vs Italia di Euro 2024

Swiss langsung menghentak lagi di awal babak kedua. Giliran Ruben Vargas mengubah skor menjadi 2-0 lewat golnya di menit k3-46.

Tak dijaga, Vargas melepas tendangan melengkung dengan kaki kanan yang melaju mulus masuk ke gawang di sudut kiri atas gawang Italia yang dikawal Donnarumma. Tugas berat bagi Italia untuk mengejar ketertinggalan dua gol.

Swiss buka peluang lagi lewat tendangan spekulasi Dan Ndoye di menit ke-59. Kali ini tendangannya masih melambung terlalu jauh di atas gawang.

Sampe menit ke-62, Italia masih juga tak mampu melepas tembakan ke arah gawang Swiss. Italia sendiri melepas 4 kali tembakan yang tak terarah.

Luciano Spalletti mencoba untuk mengubah skor dengan memasukkan dua pemain bertipikal penyerang seperti Rotegui dan Mateo Zaccagni. Bisakah mereka mengubah kondisi Italia?

Italia mencoba lepas serangan lewat umpan-umpan silang. Namun semua serangan italia masih terbaca termasuk tusukan dari Federico Chiesa dari kiri di menit ke-70.

Italia melepas tendangan pertama ke arah gawang lewat Rotegui. Namun tendangannya di menit ke-73 terlalu lemah sehingga mudah diantisipasi Yan Sommer. Begitu juga tendangan Scamacca yang mengenai tiang di menit ke-74. Italia masih pusing kejar gol penyeimbang.

Italia tampil tanpa greget dan seperti tak bersemangat untuk kejar gol hingga menit ke-82. Sedangkan Swiss masih bertahan dan juga menyerang dengan rapi seperti tendangan Steven Zuber manfaatkan umpan Granit Xhaka di menit ke-83 yang sayangnya masih melebar.

Hingga menit ke-89, Italia sudah melepas 25 umpan silang ke arah kotak penalty Swiss. Sedangkan Swiss hanya 14 kali, toh tetap menang 2-0.

Hingga pertandingan berakhir, Swiss sukses menjaga keunggulan 2-0. Sedangkan Italia harus pulang lebih awal di Piala Eropa 2024.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Swiss vs Italia

Italia (3-4-2-1): Sommer; Schar, Akanji, Rodriguez; Aebischer, Freuler, Xhaka, Rieder; Vargas, Ndoye; Embolo

Italia (4-3-3): Donnarumma; Di Lorenzo, Mancini, Bastoni, Darmian; Cristante, Fagioli, Barella; Chiesa, Scamacca, El Shaarawy

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.