Sukses

Hasil Euro 2024: Diwarnai Drama Joachim Andersen, Jerman Sukses Bungkam Denmark 2-0

Jerman berhasil lolos ke perempat final Euro 2024 usai kalahkan Denmark yang tampil ngotot di babak 16 besar. Ada drama Joachim Andersen, bek Denmark yang sempat cetak gol dan juga penyebab penalti untuk Jerman.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Jerman berhasil melaju ke babak perempat final usai menang 2-0 atas Denmark pada laga 16 besar Euro 2024 di stadion Signal Iduna Park, Minggu (30/6/2024) dini hari WIB. Dua gol Jerman dicetak Kai Havertz dan Jamal Musiala.

Dengan kemenangan ini, Jerman akan menunggu lawan di perempat final. Der Panzer kemungkinan besar jumpa Spanyol kalau bisa kalahkan Georgia di laga 16 besar Euro 2024.

Jalannya Pertandingan Jerman vs Denmark

Jerman berhasil mencetak gol lewat Nico Schlotterbeck di menit ke-4 lewat sundulan. Namun gol yang dibangun lewat tendangan sudut itu dianulir karena pelanggaran yang dilakukan Joshua Kimmich kepada pemain Denmark. Skor pun tetap 0-0.

Joshua Kimmich ini membayar kesalahannya lewat tendangan keras di menit ke-7. Untung saja Kasper Schmeichel mampu menepisnya sehingga hanya melahirkan tendangan sudut untuk Jerman.

Jerman buka peluang lagi lewat Kai Havertz di menit ke-10. Tendangannya hasil umpan Antonio Rudiger masih bisa ditepis Schmeichel. Itu menjadi save ketiga putra kiper legendaris Peter Schmeichel ini.

Toni Kroos gagal maksimalkan tendangan bebas yang didapatkan Jerman di menit ke-16. Tendangannya membentur "tembok" pertahanan yang dibangun Denmark.

Denmark melakukan serangan untuk pertama kali lewat Christian Eriksen. Lepas dari penjagaan, tembakan Eriksen masih bisa dibendung Rudiger. Nyaris saja Denmark mencetak gol!

Di menit ke-24, Joachim Maehle tiba-tiba dapatkan peluang. Berada di sisi kiri pertahanan Jerman, dia melepas langsung tendangan keras dengan kaki kiri yang sayangnya masih menyamping. Skor pun masih 0-0.

Denmark main lebih efektif dan taktis menjelang akhir babak pertama. Pergerakan Jan Maehle bisa menghasilkan tendangan bebas di menit ke-30.

Pertandingan Jerman vs Denmark dihentikan di menit ke-35 karena hujan deras dan petir di langit atas stadion Signal Iduna Park yang cukup mengkhawatirkan. Wasit sepertinya takut terjadi sesuatu.

Pertandingan dilanjutkan setelah istirahat hampir 15 menit dan Jerman langsung membuka peluang di menit ke-37. Sundulan Kai Havertz hasil umpan David Raum masih bisa ditepis Schmeichel.

Denmark nyaris saja mengejutkan Jerman lewat serangan balik di menit ke-46. Thomas Delaney memberi umpan kepada Rasmus Hojlund yang kalah cepat dari Manuel Neuer sehingga gagal berbuah gol.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Jerman melawan Denmark masih bertahan. Apakah ada yang cetak gol di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Dua Jerman vs Denmark di 16 Besar Euro 2024

Denmark benar-benar mengejutkan Jerman di menit ke-48. Joachim Andersen mencetak gol untuk Denmark menyusul kemelut di depan gawang, tapi wasit menganulirnya usai dicek VAR karena offside.

Nasib Andersen ibarat rollercoaster. Sempat mencetak gol, dia dianggap handball di menit ke-51 sehingga membuat Jerman mendapatkan penalti.

Kai Havertz mengubah skor jadi 1-0 usai penalti yang dieksekusinya berhasil. Tendangan penaltinya ke sisi kiri kiper Kasper Schmeichel di menit ke-53 sulit dijangkau.

Kai Havertz mendapatkan peluang super emas di menit ke-59. Sudah satu lawan satu dengan Schmeichel, dia gagal mencetak gol lewat tendangan cungkilnya karena bola melebar ke sisi kanan gawang.

Denmark mendapatkan peluang lewat Rasmus Hojlund di menit ke-66. Tendangannya masih bisa ditepis Neuer dan gagal berbuah gol.

Jamal Musiala akhirnya berhasil mengubah skor 2-0 untuk Jerman di menit ke-68. Manfaatkan umpan terobosan Nico Schlotterbeck, Musiala cukup akurat melepas tendangan ke sisi kiri Scmeichel. Ini menjadi gol ketiga Jamal Musiala di Euro 2024!

Tertinggal, Denmark meningkatkan jumlah serangan mereka. Jumlah tembakan sampai menit ke-85 sudah mendekati Jerman dengan 9 tembakan, 2 ke arah gawang.

Florian Wirtz sempat membuat fans Jerman bersorak karena cetak gol, tapi dia sudah berdiri offside. Jerman juga nyaris tambah gol lewat Kai Havertz di menit ke-90+4 tapi masih bisa ditepis Schmeichel.

Hingga pertandingan berakhir, Jerman tetap unggul 2-0 atas Denmark. Tim Dinamit tidak kalah memalukan karena membuat perlawanan spartan, tapi Der Panzer lebih baik.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Jerman vs Denmark

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Kimmich, Rudiger, schlotterbeck, Raum; Andrich, Kroos; Sane, Gundogan, Musiala; Havertz

Denmark (3-4-1-2): Kasper Schmeichel; Andersen, Vestergaard, Christensen; Bah, Denaey, Hojbjerg, Maehle; Eriksen; Skov Olsen, Hojlund

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.