Sukses

Hasil Euro 2024: Ronaldo Nyaris Malu Karena Buntu, Portugal Tekuk Slovenia 3-0 Lewat Adu Penalti

Timnas Portugal selamat dari lubang jarum usai secara dramatis kalahkan Slovenia 3-0 lewat adu penalti di laga 16 besar Euro 2024.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Portugal berhasil lolos ke perempat final Euro 2024 secara dramatis usai menang 3-0 lewat adu penalti lawan Slovenia pada babak 16 besar di stadion Dusseldorf Arena, Selasa (2/7/2024). Cristiano Ronaldo nyaris malu tapi perbaiki kesalahan di adu penalti. Dua gol Portugal lainnya dicetak Bruno Fernandes dan Bernardo Silva.

Kemenangan ini mengantarkan Portugal jumpa Prancis di babak perempat final. Ini jadi peluang bagi Portugal dan Ronaldo untuk jaga asa juara Euro 2024.

Jalannya Pertandingan Portugal vs Slovenia

Portugal mendapatkan peluang pertama lewat Raphael Leao di menit ke-3. Berhasil sambar umpan silang Bruno Fernandes, sontekannya masih bisa diblok dan hanya menghasilkan corner.

Portugal menguasai permainan hingga menit ke-10. Ronaldo ada kesempatan menusuk ke kotak penalti manfaatkan umpan Raphael Leao, tapi kehilangan bola sehingga membuat skor tetap 0-0.

Bernardo Silva kembali melepas umpan silang untuk Ronaldo tapi sang mega bintang gagal menyambutnya dengan sundulan. Bruno Fernandes juga tak bisa menyambut umpan di menit ke-13 itu.

24 menit pertandingan berjalan, Portugal menguasai permainan tapi masih minim lepas tembakan. Selecao baru melepas 1 tembakan dan haslkan 2 tendangan sudut.

Bruno Fernandes harusnya bisa kontrol bola lebih baik di menit ke-31. Umpan jauh dari Nuno Mendes pun tak membuahkan hasil apa-apa diikuti kegagalan sundulan Ronaldo yang terlalu lemah dan dijaga penuh Drkusic.

Ronaldo berkesempatan untuk mencetak gol pertamanya lewat tendangan bebas di menit ke-34. Bola melengkung mulus tapi masih lewat di atas mistar gawang.

Ronaldo masih penasaran untuk cetak gol. Saking penasarannya, tendangan bebas di menit ke-38 dari sisi kiri juga diambilnya dan terlalu ambisius karena tendangan melebar. Portugal dapatkan peluang terakhir di babak pertama lewat tembakan Palhinha dari jarak jauh tapi mengenai tiang.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir, Portugal masih ditahan imbang 0-0 oleh Slovenia. Adakah yang cetak gol di babak kedua laga 16 besar Piala Eropa 2024?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Dua Portugal vs Slovenia

Bernando Silva berpeluang cetak gol di menit ke-47 usai manfaatkan umpan Joao Cancelo. Silva tak bisa mengarahkan tembakan dengan baik karena masih melambung.

Ronaldo melepas tendangan bebas yang keras di menit ke-55. Namun arah tendangan masih mengarah ke kiper Slovenia Jan Oblak sehingga skor tetap 0-0.

Benjami Sesko nyaris bikin malu Pepe di menit ke-61. Manfaatkan serangan balik cepat, dia sukses lewati Pepe tapi tendangannya terlalu lemah ke arah gawang.

Portugal tampak tak berani memberi umpan terobosan kepada Ronaldo. Sampai menit ke-65, tak satupun umpan langsung diberikan kepada Ronaldo meski sang megabintang beberapa kali memintanya.

Ronaldo melepas tendangan bebas keempatnya di menit ke-72. Kali tembakannya melambung di atas gawang Slovenia. Skor 0-0 belum juga dipecahkan Portugal ataupun Slovenia.

Skor 0-0 masih bertahan hingga menit ke-85. Portugal tak mampu mengkonversi 12 tembakan menjadi gol. Pertandingan bisa berlanjut ke perpanjangan waktu.

Satu peluang besar juga dibuang Cristiano Ronaldo di menit ke-89. Tak seperti di masa kejayaannya, tembakan dari sisi kiri masih bisa ditahan Jan Oblak.

Skor 0-0 masih bertahan hingga babak kedua berakhir. Pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

3 dari 4 halaman

Babak Perpanjangan Waktu dan Adu Penalti

Portugal mencoba buka peluang di menit ke-92. Hanya saja umpan Nuno Mendes terlalu deras, susah dikejar Cristiano Ronaldo.

Buruknya serangan Portugal terlihat dari efektivitas umpan silang yang dilakukan. 25 umpan silang, tak satupun bisa dikonversi jadi gol hingga menit ke-96.

Sundulan Diogo Jota juga terlalu lemah saat tercipta peluang di menit ke-100. Umpan Bruno Fernandes tak menghasilkan apa-apa.

Diogo Jota membuka peluang bagi Portugal untuk menang. Dribel langsung ke kotak penalti, dia dijatuhkan Drakusic di kotak penalti di menit ke-103.

Ronaldo gagal eksekusi penalti di menit ke-105 karena tendangannya masih bisa ditepis Jan Oblak. Babak pertama perpanjangan waktu berakhir 0-0.

Joao Palhinha mendapatkan peluang lewat sundulan di menit ke-108 usai mendapatkan umpan lewat tendangan bebas dari Cancelo. Sundulannya lagi-lagi ditepis Jan Oblak.

Slovenia mendapatkan peluang emas lewat Benjamin Sesko di menit ke-115. Lagi-lagi dia manfaatkan kesalahan Pepe tapi tembakannya bisa ditepis Diogo Costa.

Skor 0-0 tak berubah sampai perpanjangan waktu berakhir. Pertandingan pun harus ditentukan lewat adu penalti. 

Adu Penalti

Josep Ilicic gagal eksekusi penalti karena tendangannya ke arah kiri bisa ditepis Diogo Costa. Portugal berbalik unggul 1-0 lewat Cristiano Ronaldo yang kali ini arahkan penalti ke kanan.

Diogo Costa kembali melakukan penyelamatan dengan menepis tendangan Balkovec. Bruno Fernandes bikin skor 2-0 usai tendangan penaltinya masuk.

Costa melakukan penyelamatan ketiga dengan menepis tendangan Benjamin Verbic.Bernardo Silva bikin skor 3-0 sekaligus tentukan kemenangan Portugal usai sukses eksekusi penalti.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Portugal vs Slovenia

Portugal (4-2-3-1): Diego Costa; Cancelo, Ruben Dias, Pepe, Mendes; Vitinha, Palhinha; Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Raphael Leao

Slovenia (4-4-2): Jan Oblak; Karnicnik, Drkusik, Bijol, Balkovec; Stojanovic, Cerin, Elsnik, Mlakar; Sporar, Sesko

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.