Sukses

Prediksi Euro 2024 Rumania vs Belanda: Pembuktian Ronald Koeman

Koeman dalam tekanan hebat saat Belanda melawan Rumania di babak 16 besar Euro 2024 nanti malam.

Liputan6.com, Jakarta- Belanda akan bertemu Rumania di babak 16 besar Euro 2024 pada Selasa (2/7/2024) malam pukul 23.00 WIB di Stadion Allianz Arena. Laga ini menjadi pembuktian bagi pelatih Belanda Ronald Koeman yang dalam tekanan usai performa buruk di fase grup.

Pada tiga laga awal di Jerman, Belanda tampil kurang menggigit. Mereka cuma menang sekali, imbang sekali dan kalah satu kali. Akibatnya mereka harus puas finis di urutan tiga Grup D. Yang paling memalukan Belanda kalah dari Austria di laga terakhir Grup D.

Belanda juga susah payah menang atas Polandia di laga pertama. Mereka sempat tertinggal lebih dulu sebelum mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir lewat penyerang pengganti Wout Weghorst.

Performa mengecewakan di fase grup membuat Koeman menuai kritik pedas. Mantan pelatih Barcelona itu tertekan sehingga sempat memilih tak menghadiri jumpa pers. Koeman mengutus asistennya Bas Ticheler yang menemui media.

Koeman baru menampakan diri dalam jumpa pers sebelum pertandingan. Dia meminta anak asuhnya untuk memperbaiki kinerja saat melawan Rumania. Salah satu yang disorot Koeman adalah komunikasi di lapangan yang harus ditingkatkan.

"Terkadang komunikasi antara bek tengah dan lini tengah kami perlu lebih baik. Kita perlu berbicara lebih banyak. Dengan komunikasi yang baik Anda dapat memecahkan masalah di ruang yang diambil lawan; itu latihan, itu pembicaraan, dan itu menjelaskan kepada semua orang tentang bagaimana kami ingin menekan lawan. Masih banyak hal yang harus dilakukan dan kami perlu meningkatkannya," kata Koeman.

Untungnya jelang melawan Rumania, Belanda mendapat kabar baik. Striker Joshua Zirkzee sudah bisa berlatih penuh setelah sebelumnya sempat menderita sakit. Zirkzee bisa menjadi solusi di tengah kurang bagusnya kinerja Memphis Depay.

Sementara Rumania justru tampil menjanjikan di Euro 2024. Secara luar biasa tim asuhan Edward Iordanescu menjadi juara Grup E. Mereka meruntuhkan semua prediksi yang memperkirakan Belgia bakalan jadi penguasa Grup E.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kepercayaan Diri Rumania

Rumania dalam kepercayaan diri tinggi. Pasalnya ini merupakan kali pertama lolos ke fase grup ke babak knock-out sebuah turneman besar sejak 24 tahun terakhir tepatnya pada perhelatan Euro 2000. Iordanescu yakin bisa membuat kejutan lagi. Dia meminta anak asuhnya untuk tidak membuat kesalahan sendiri untuk bisa mengatasi perlawanan Belanda.

"Kami tahu kami harus mendekati kesempurnaan besok untuk mendapatkan hasil yang baik. Secara mental kami harus sangat kuat. Kami harus menunjukkannya di lapangan. Saya pikir tim saya bisa melakukan itu. Kami tidak boleh melakukan kesalahan individu dan harus terorganisir dengan baik," ujar Iordanescu.

Dalam duel di Allinz Arena tersebut, Belanda jauh lebih diunggulkan dibandingkan Rumania. Rekor pertemuan juga sangat memihak Belanda. Dalam empat pertemuan terakhir Belanda selalu menang dengan skor mencolok. Rumania terakhir kali bisa menang pada 2007.

Ranking FIFA kedua tim saja berbeda jauh. Belanda unggul 40 peringkat dibandingkan Rumania. Iordanescu pun mengakui Belanda lebih difavoritkan, tapi dia yakin Rumania akan bisa mengimbangi.

“Tidak ada pertandingan yang mudah, apalagi yang bisa membawa Anda ke perempat final. Belanda adalah favorit besok. Mereka punya pemain-pemain luar biasa, tapi kami punya kekuatan sendiri.”

Melawan Belanda, Rumania terpaksa tak bisa menurunkan bek kiri Nicusor Bancu yang terkena akumulasi kartu. Tanpa Bancu, sektor kiri Rumania terancam dibombardir Belanda lewat Xavi Simons dan Denzel Dumfries.

Iordanescu kemungkinan akan menggeser salah satu dari bek kanan Vasile Mogos dan Deian Sorescu untuk menjadi penggantu Bancu di sektor kiri pertahanan.

 

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain Rumania vs Belanda

Rumania: Nita; Mogos, Dragusin, Burca, Ratiu; R. Marin, S. Marin, Stanciu; Hagi, Dragus, Coman

Belanda: Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Ake; Reijnders, Schouten; Frimpong, Simons, Gakpo; Depay

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.