Sukses

Keinginan Atlet Darts Segera Terwujud, Indonesia Bakal Punya Federasi Olahraga Darts

Darts National Competition mendapat sambutan luar biasa. Peserta semakin banyak hingga seri ketiga.

Liputan6.com, Jakarta- Darts sedang berkembang di Indonesia. Di tahun 2024 ini ada Darts National Competition yang sudah memasuki series ketiga pada akhir Juni 2024. Para atlet begitu berharap darts bisa segera diakui sebagai cabang olahraga oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), hingga Komite Olahraga Nasional (KONI).

Keinginan tersebut disampaikan oleh Benny Tandean. Juara Darts National Competition Series 03 yang digelar di Tokyo Hub, PIK 2, Tangerang pada 29 dan 30 Juni 2024 itu sangat berharap darts segera diakui sebagai olahraga seperti halnya di Malaysia dan Singapura.

"Ke depan saya ingin dart bisa diakui di Kemenpora supaya di Indonesia dianggap sebagai cabang olahraga seperti negara lain kaya Singapura dan Malaysia. Disana darts sudah diakui sebagai cabang olahraga," ujar Benny kepada Liputan6.com.

Senada dengan Benny, finalis Darts National Competition Series 03, Jordhi Indra, juga mengharapkan olahraga darts bisa mendapat perhatian lebih dari pemerintah.

"Harapannya semoga pemerintah bisa lebih support lagi pada olahraga darts ini karena peminatnya banyak sekali. Harapannya darts bisa lebih besar lagi di Indonesia," tutur Jordi.

Untuk bisa diakui di bawah KONI, darts terlebih dulu harus memiliki federasi olahraganya di Indonesia. Menurut Reza El Rasie selaku Project Manager Darts National Competition 2024, federasi olahraga darts di Indonesia tinggal menunggu waktu saja untuk terbentuk.

"Kita sedang dalam proses ya. Federasinya sedang proses. Kita juga sudah coba terhubung dengan federasi dunianya. World Darts Federation sudah memberikan lampu hijau dan support. Tinggal kita menyusun hal-hal legal dan administratif saja. Jadi tinggal menunggu waktu saja," papar Reza.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Darts Makin Digemari di Indonesia

Olahraga darts di Indonesia memang berkembang pesat. Darts bisa dimainkan di berbagai cafe sehingga bakal menjaring anak muda untuk menekuninya. Terbukti semakin banyak pemain baru yang ikutan di Darts National Competition 2024.

"Dari sesi kualitas seri tiga ini merupakan seri yang terbaik. Ini Series dengan kualitas darts player yang paling baik dibanding seri sebelumnya. Antusiasme peserta sangat meningkat ya. Dibanding series sebelumnya ini yang paling mendapat perhatian karena secara kualitas pemain-pemainnya juga makin baik," ujar Reza.

3 dari 3 halaman

Juara Baru Darts National Competition 2024

Kemenangan Benny di series tiga membuat Darts National Competition 2024 memiliki pemenang yang berbeda. Pada dua seri pembuka, Tirta Suparjo, yang mendominasi. Hal ini menambah seru persaingan menjadi juara nasional.

"Saya dari sisi kompetisi sangat bagus ya juaranya beda-beda. Kompetisi akan menarik sekali untuk disimak dan ditunggu oleh pecinta darts di Indonesia," sambung Reza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.