Sukses

Hasil Euro 2024: Cody Gakpo dan Donyell Malen Menyala, Belanda Sikat Rumania 3-0 untuk Tiket Perempat Final

Cody Gakpo menjadi inspirator kemenangan Belanda karena mencetak 1 gol dan 1 assist saat menang 3-0 atas Rumania pada babak 16 besar Euro 2024.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Belanda berhasil mengamankan tiket ke babak perempat final Euro 2024 usai menang 3-0 atas Rumania pada laga 16 besar yang berlangsung di stadion Fussball Arena, Selasa (2/7/2024). Tiga gol Belanda dicetak oleh Cody Gakpo dan Donyell Malen (2).

Cody Gakpo menyala di laga ini karena memberi assist untuk gol Donyell Malen. Sedangkan Malen mencetak 2 gol penting di laga ini. Kemenangan ini membawa Belanda tunggu lawan di perempat final Euro 2024. Die Oranje bakal menghadapi pemenang antara Austria atau Turki.

Jalannya Pertandingan Rumania vs Belanda

Belanda dan Rumania belum membuka peluang berarti hingga menit ke-5. Kedua tim masih bermain hati-hati sehingga skor masih 0-0.

Xavi Simons melepas tembakan pertama Belanda di menit ke-6. Melepas tendangan dari luar kotak penalti dari sisi kiri, tendangannya tepat ke arah kiper Rumania.

Dennis Man membuka peluang pertama Rumania lewat tembakan dari sisi kanan. Disayangkan, tendangannya masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Belanda berhasil memimpin 1-0 lewat gol yang dicetak Cody Gakpo di menit ke-20. Setelah mengecoh bek Rumania, Gakpo melepas tembakan ke sisi kanan yang sulit dijangkau kiper.

Cody Gakpo sejauh ini menjadi pencetak gol terbanyak untuk Belanda dengan 2 gol. Penyerang Liverpool ini membuktikan diri paling klinis dibandingkan pemain Belanda lainnya.

Rumania mencoba membalas lewat tusukan Nicolae Stanciu yang memberi umpan tarik kepada Dennis Man. Namun tembakan gelandang Parma ini di menit ke-24 masih bisa diblok.

Menit ke-26, giliran tembakan gelandang Belanda Tijani Reijnders yang diblok. Satu lagi peluang setelah itu juga gagal dimaksimalkan lewat sundulan Stefan De Vrij manfaatkan umpan tendangan sudut.

Belanda nyaris mendapatkan peluang emas saat Denzel Dumfries memberi umpan tarik menyusul umpan terobosan Tijani Reijnders di menit ke-31. Namun umpannya kepada Memphis Depay dipotong Dragusin.

Belanda mendominasi permainan sampai menit ke-44. Statistik memperlihatkan, Belanda melepas 7 tembakan termasuk satu tembakan melebar dari Xavi Simons. Timnas pusat, sebutan Netizen untuk Belanda pun mendapatkan 10 kali tendangan sudut.

Hingga pertandingan berakhir, Belanda masih unggul 1-0 atas Rumania. Apakah Rumania bisa membalas di babak kedua duel 16 besar Piala Eropa 2024?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Dua Rumania vs Belanda

Rumania membuka peluang lewat tendangan bebas Nicolae Stanciu. Tendangannya di menit ke-48 langsung ditinju kiper Belanda Verbruggen.

Memphis Depay gagal manfaatkan kemelut depan gawang Rumania di menit ke-54. Tendangannya masih diblok sehingga tak mengarah ke gawang.

Virgil van Dijk buka peluang Belanda tambah gol di menit ke-58. Sundulannya manfaatkan umpan tendangan sudut mengenai tiang sehingga skor tetap 1-0 untuk Belanda.

Cody Gakpo melakukan solo run sebelum melepas tembakan di menit ke-62. Tendangannya masih bisa ditepis dan hanya menghasilkan corner.

Semenit kemudian, Gakpo mencetak gol hasil umpan Donyell Malen. Namun dia sudah terjebak offside sehingga skor tetap 1-0.

Memphis Depay harusnya bisa mencetak gol di menit ke-68. Tendangan bebasnya sukses menyusur tanah tapi arahnya masih melebar di sisi kanan gawang Rumania.

Masuk di menit ke-69 untuk gantikan Jordy Schouten, Joey Vermann langsung mendapatkan peluang di menit ke-74. Namun tembakannya dari sisi kiri sedikit melebar ke kanan dari gawang Rumania.

Hingga menit ke-80 bisa dipastikan, Belanda jauh tampil lebih baik lawan Rumania ketimbang saat kalah lawan Austria di fase grup Euro. Jumlah tembakan meningkat dari 11 menjadi 18 meski pertandingan belum berakhir.

Di sisi lain, Cody Gakpo menambah tembakan Belanda jadi 19 di menit ke-80. Sayang sekali, tembakannya dari sisi kanan mengenai pemain Rumania sehingga melebar.

Cody Gakpo bakal jadi pemain terbaik karena memberi assist untuk gol Donyell Mallen di menit ke-83. Menusuk dari sisi kiri, dia maih bisa memberi umpan pendek kepada Donyell Malen yang tinggal menyodorkan bola ke gawang Rumania sehingga mengubah skor jadi 2-0.

Donyell Malen menyudahi permainan Rumania lewat gol di menit ke-90+3. Lakukan solo run, Malen sukses melewati dua pemain Rumania sebelum melepas tembakan ke arah kanan Florian Nita yang mengubah skor jadi 3-0.

Hingga pertandingan berakhir, Belanda memastikan skor tidak berubah 3-0 untuk kemenangan mereka. Die Oranje membuktikan saat main lebih baik mereka bisa menang dengan meyakinkan.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Rumania vs Belanda

Rumania (4-1-4-1): Nita; Ratiu, Dragusin, Burca, Mogos; Marin; Man, Razvan Marin, Stanciu, Hagi; Dragus

Belanda (4-2-3-1): Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Nathan Ake; Schouten, Reijnders; Bergwijn, Simons, Gakpo; Depay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.