Sukses

Hasil Euro 2024: Segel Perempat Final, 2 Gol Mantan Bek Juventus Antarkan Turki Sikat Austria

Turki berhasil menyegel tiket terakhir ke perempat final Euro 2024 usai menang 2-1 atas Austria pada laga 16 besar yang berlangsung di Red Bull Arena.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Turki berhasil merebut tiket terakhir ke perempat final Euro 2024 usai menang 2-1 atas Austria pada laga 16 besar yang berlangsung di stadion Red Bull Arena, Rabu (3/7/2024) dini hari WIB. Dua gol dari mantan bek Juventus, Merih Demiral bungkam Austria yang difavoritkan di laga ini.

Michael Gregoritsch sempat memperkecil kekalahan Austria, tapi tak ada tambahan gol lagi. Dengan kemenangan ini, Turki bakal menghadapi Belanda pada babak perempat final Euro 2024. Ini bakal jadi laga seru sekaligus Turki gagalkan pertemuan Belanda lawan Austria seperti yang terjadi di fase grup.

Jalannya Pertandingan Austria vs Turki

Turki mencetak gol cepat di menit ke-1 lewat Merih Demiral. Manfaatkan kemelut hasil tendangan sudut, Demiral sambar bola rebound sehingga mengubah skor jadi 1-0.

Baru 3 menit berjalan, Turki berhasil cetak gol. Sedangkan Austria juga sudah mendapatkan beberapa kali peluang dan tembakan ke arah gawang.

Austria melewatkan peluang cetak gol lewat tendangan sudut di menit ke-5. Bola tendangan sudut tak disangka melaju langsung ke depan gawang dan Baumgartner gagal menyambar bola yang sudah di depan gawang.

Austria kesulitan untuk membongkar pertahanan Turki. Mereka lepas 4 tembakan sampai menit ke-20 tapi belum juga cetak gol. Turki masih unggul 1-0.

Baris Yilmaz berhasil menerobos pertahanan Austria di menit ke-26. Umpan silangnya sayang sekali terlalu deras sehingga sulit dijangkau Kenan Yildiz.

Sampai menit ke-35, permainan kedua tim cukup berimbang. Austria hanya unggul tipis 53 persen penguasaan bola atas Turki. Masalahnya, Austria belum melepas satu tembakan pun ke arah gawang.

Hingga babak pertama berakhir, Austria masih belum bisa ketertinggalan 0-1 dari Turki. Adakah strategi baru dari pelatih Austria Ralf Rangnick di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Dua Austria vs Turki di Euro 2024

Austria langsung merombak skuad di babak kedua dengan memasukkan Alexander Prass dan Michael Gregoritz di lini depan. Keduanya gantikan Patrick Mwene dan Romano Schmid, bisa bawa perbedaan?

Dua pemain ini langsung memberi pengaruh di menit ke-50. Alexander Prass lepas umpan silang yang disambut sundulan Gregoritz, tapi masih terlalu lemah.

Menit ke-51, giliran Stefen Posch yang memberi umpan terobosan kepada Arnautovic. Namun tendangan ARnautovic masih bisa diblok kiper Turki.

Konrad Laimer juga buka peluang Austria di menit ke-53. Berhasil masuk ke kotak penalti, gelandang Bayern Munchen ini gagal mengarahkan tembakan ke arah gawang. 1-0 untuk Turki masih bertahan.

Dahsyat, dalam waktu 10 menit di babak kedua saja, Austria sukses melepas 5 tembakan tambahan atau total 10 tembakan sejak babak pertama. Toh, Austria belum juga cetak gol hingga menit ke-55.

Turki sekali-kali menyerang tapi langsung paten. Merih Demiral membuat skor jadi 2-0 untuk Turki usai sundulannya di menit ke-58 hasil umpan tendangan sudut Arda Guler meluncur mulus ke gawang Austria.

Gregoritsch nyaris mencetak gol penyeimbang di menit ke-69. Namun dia seperti tak siap menerima umpan dari Seiwald dan sedang membelakangi gawang saat menyundul bola sehingga mudah diamankan kiper Turki Gunok.

Turki mendapatkan serangan bertubi-tubi dari Austria. Sampai menit ke-75, Austria melepas 13 tembakan yang memaksa kiper Turki lakukan dua kali penyelamatan. Skor masih 2-1 untuk keunggulan Turki.

Turki tampil luar biasa tanpa sang kapten Hakan Calhanoglu yang absen karena akumulasi kartu. Ismael Yksek sukses memerankan tugas di lini tengah dan Turki masih unggul 2-1 sampai menit ke-84.

Baris Yilmaz nyaris menambah gol Turki di menit ke-90+4, tapi tembakannya masih bisa ditepis. Baumgartner juga membuat tegang lewat sundulannya tapi masih bisa ditepis. Nyaris saja imbang di menit akhir!

Hingga pertandingan berakhir, Turki berhasil menjaga keunggulan 2-1 atas Austria. Dalam kondisi hujan, Turki sukses memuaskan fans Turki yang selalu berisik di stadion.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Austria vs Turki

Austria (4-2-3-1): Pentz; Posch, Danso, Lenhart, Mwene; Seiwald, Lamier; Schmid, Baumgartner, Sabitzer; Arnautovic

Turki (4-2-3-1): Gunok; Muldur, Demiral, Bardakci, Kadioglu; Ayhan, Yuksek; Guler, Kokcu, Yildiz; Baris Yilmaz

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.