Sukses

Hasil Piala AFF U-16 Vietnam vs Indonesia: Cetak Gol Telat, Garuda Nusantara Unggul 2-0 di Babak Pertama

Timnas Indonesia sukses menunjukkan dominasi di babak pertama dengan unggul 2-0 atas Vietnam dalam laga perebutan juara 3 Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, pada Rabu (3/7/2024).

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia sukses menunjukkan dominasi di babak pertama saat menghadapi Vietnam dalam laga perebutan juara 3 Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, pada Rabu (3/7/2024).

Gol telat Zahaby Gholy dan Dafa Zaidan pada pengujung babak pertama mengantar Garuda Nusantara unggul sementara dengan 2-0.

Jalannya Pertandingan Vietnam vs Indonesia

Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam memulai laga dengan begitu hati-hati. Kedua tim sudah cukup khatam dengan gaya permainan masing-masing, sehingga peluang berbahaya sulit tercipta di awal babak pertama.

Garuda Nusantara coba membangun serangan cepat pada menit ke-10, tetapi skuad racikan Nova Arianto kehilangan bola. Vietnam U-16 lantas gantian melancarkan serangan bertubi-tubi di dalam kotak penalti pada menit 14, dengan Nguyen Thai Hieu mendapat ruang terbuka untuk melepas tembakan. Beruntung, I Putu Panji tampil sebagai penyelamat yang memblokir bola dengan perutnya.

Peluang dari tendangan bebas didapat Timnas Indonesia U-16 pada menit 23. Fandi Ahmad melakukan eksekusi yang coba diteruskan oleh Andi Faith Jamaludin, tetapi finishing-nya masih belum sempurna

Andi kembali mengirim bola on-target yang bisa berbuah angka pertama tak lama berselang, andai kiper Hoa Xuan Tin tak sigap membuang bola yang mengarah ke sisi atas tengah jaring kawalannya.

Jual beli serangan terus mewarnai jalannya laga di pertengahan babak pertama. Timnas Indonesia U-16 nyaris kebobolan pada menit 26 lantaran para pemain bertahan Indonesia sedikit lengah menghalangi pergerakan penggawa The Golden Star di dalam kotak.

Bui Duy Dang lantas berkesempatan mencoba peruntungan untuk mencatatkan nama di papan skor, tetapi Dafa Al Gasemi sanggup menunaikan tugasnya dengan baik untuk menggagalkan upaya lawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-16 Pecah Kebuntuan

Celah dari bola mati kembali menghampiri Timnas Indonesia U-16 di menit 34 ketika Fabio Azkairawan melakukan lemparan panjang ke dalam dengan harapan umpannya disambut oleh rekan setim. Malang, kesempatan itu lagi-lagi gagal dimaksimalkan.

Pergantian cepat dilakukan Nova Arianto dengan memasukkan Evandra Florasta pada menit 37. Namun, belum perubahan signifikan yang terjadi mendekati pengujung paruh pertama waktu normal.

Gol pertama yang ditunggu-tunggu Merah Putih akhirnya tercipta pada menit terakhir. Gholy melakukan pergerakan mulus ke kotak penalti Vietnam yang dilanjutkan dengan finishing sempurna untuk mengecoh Hoa Xuan Tin. Skor sementara berubah menjadi 1-0.

The Golden Star kesulitan mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada. Justru Timnas Indonesia U-16 yang berhasil menambah keunggulan lewat tendangan akurat Dafa Zaidan El Fikri dari tepi kotak penalti. Kedudukan berubah menjadi 2-0 dan bertahan sampai turun minum.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Vietnam vs Indonesia

Timnas Vietnam U-16: Hoa Xuan Tin; Nguyen Manh Cuong, Nguyen Hong Quang, Le Tan Dung, Pham Duy Long, Tran Dong Thuc; Nguyen Thai Hoa, Chu Ngoc Nguyen Luc, Bui Duy Dang; Nguyen Thai Hieu, Tran Thanh Bhinh.

Timnas Indonesia U-16: Dafa Al Gasemi; Dafa Zaidan El Fikri, I Putu Panji, Ida Bagus Putu Cahya Pramana, Fabio Azkairawan, Andi Faith Jamaludin Rachman; Lucas Raphael Lee, Tristan Raissa Ibrahim; Muhamad Zahaby Gholy, Josh Holong Junior, Fandi Ahmad Muzaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.