Sukses

Hasil Final Piala AFF U-16 2024: Lewati Marathon Adu Penalti untuk Hajar Thailand, Australia Rebut Gelar Juara

Australia merebut gelar juara Piala AFF U-16 2024 usai mengalahkan Thailand pada laga final di Stadion Manahan, Rabu (3/7/2024) malam WIB. Mereka menang 8-7 (1-1) melalui drama adu penalti marathon.

Liputan6.com, Jakarta - Australia merebut gelar juara Piala AFF U-16 2024 usai mengalahkan Thailand pada laga final di Stadion Manahan, Rabu (3/7/2024) malam WIB. Mereka menang 8-7 (1-1) melalui drama adu penalti marathon.

Kedua tim sempat bertemu pada fase Grup C. Ketika itu laga Thailand U16 vs Australia U16 berakhir 0-0. 

Thailand dan Australia kembali sama kuat di laga puncak. Poramet Laoongdi membawa Thailand memimpin di menit ke-33. Australia kemudian menyamakan kedudukan lewat Quinn McNicol pada injury time.

Anthony Didulica sempat mengira sudah membawa Australia memimpin, tapi golnya dianulir VAR. Pemenang akhirnya ditentukan adu penalti.

Kiper Australia Jai Ajanovic jadi pahlawan dengan mementahkan eksekusi Poramet Laoongdi dan Chatchawas Sahananchaichit. Sementara hanya satu algojo Thailand yang gagal yakni Quinn MacNicol.

Ini adalah gelar ketiga Australia di Piala AFF U-16, mendampingi torehan Thailand dan Vietnam yang berstatus negara tersukses. Negeri Kanguru sebelumnya berjaya pada 2008 dan 2016.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Timnas Indonesia Amankan Perunggu Piala AFF U-16 2024

Pada laga perebutan tempat ketiga, Indonesia menghajar Vietnam lima gol tanpa balas. Dafa Zaidan menyumbang satu gol di babak pertama, sementara Zahaby Gholy dan Daniel Alfrido masing-masing menyumbang dua gol.

Ini adalah kali ketiga Garuda Nusantara menempati podium terakhir Piala AFF U-16 setelah melakukannya pada 2002 dan 2019. Hasil ini juga mempertegas dominasi Indonesia atas Vietnam di level U-16.

Merah Putih kini meraih empat kemenangan dalam 90 menit pada delapan pertemuan. Sementara Vietnam cuma berjaya dua kali. 

Sisanya berakhir imbang dengan dua harus ditentukan adu penalti. Indonesia dan Vietnam sama-sama sekali berjaya berdasar metode ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini